Friday , 19 December 2014
Breaking News
Home > Riset > Perpustakaan Digital SMA Negeri 1 Pare
Perpustakaan Digital SMA Negeri 1 Pare
Perpustakaan Digital SMA Negeri 1 Pare

Perpustakaan Digital SMA Negeri 1 Pare

Tim Pengembang TIK SMAN 1 Pare mempersembahkan inovasi demi kemajuan pendidikan di SMAN 1 Pare yaitu Perpustakaan Digital SMAN 1 Pare. Perpustakaan Digital ini menggunakan Open Source SENAYAN yang kemudian di-hostingkan di Server IIX milik SMAN 1 Pare. SENAYAN adalah Open Source yang diberikan oleh DepDikNas untuk membuat Perpustakaan Digital SMA. Sebelumnya SENAYAN sudah dijalankan di intranet dan berjalan dengan bagus termasuk generate barcode-nya yang cukup bagus. Katalog buku masih akan ditambah karena masih ada 1000 buku di perpustakaan yang belum dibuatkan katalognya. Untuk E-Book dari buku memang tidak ada, jadi jika menginginkan untuk meminjam harus ke SMAN 1 Pare langsung kecuali E-Book materi dalam bentuk PDF yang nantinya bisa di-download secara langsung ;-) .

Perpustakaan Digital SMA Negeri 1 Pare

Tampilan Web Perpustakaan Digital SMA 1 Pare

Dengan dijalankannya E-Library SMAN 1 Pare ini maka semua orang bisa mengakses informasi secara online mengenai koleksi buku di SMA kami ini. Untuk input data juga akan dilakukan secara online, serta berharap pihak sekolah bersedia menambah sambungan koneksi Speedy di Sekolah.

Instalasi SENAYAN tidak sulit, meski dari DikNas sudah disediakan “engine” sendiri untuk menjalankannya tapi pada dasarnya SENAYAN dibuat dari PHP dan MySQL serta interfacenya dari AJAX. Jadi buat yang sudah mengenal konfigurasinya hanya tinggal membuat database dan username di hosting, edit file config database SENAYAN, dan langsung online. Meski untuk menu generate barcode tidak bisa dijalankan karena “engine” bawaanya tidak bisa dijalankan di hosting IIX SMANSA Pare.

Aplikasi SENAYAN sendiri baru di-online-kan oleh SMAN 1 Pare dan Universitas Surakarta yang menjalankan program ini secara online, mungkin pengaplikasian di intranet bisa lebih banyak lagi institusi pendidikan lainnya yang sudah mengaplikasikannya. Thanks buat Pak Hendro dan Pak Arie Nugraha untuk develop SENAYAN-nya.

About admin

10 comments

  1. wah…ternyata Semunsa pke senayan juga,hm..keren juga dosen saya..

    salut untuk website nya, terutama perpustakaan digitalnya..

    Salam _ami_Jurusan Ilmu Perpustakaan UI^^

  2. Elib ada rawan, tlg mas dodik & Bang Piul visit http://senayan.homelinux.net/senayandemo/index.ph

    kyk e rekom dr senayan hrs upgrade ke ver 8 !

    mksh.

  3. Mas admin, sy sudah install senayan dan berhasil, hanya waktu edit configurasi di login admin, muncul "Template file t/t/index_template.html doesnt exists!" mohon petunjuknya, karena sy kesulitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>