Membuat Materi Bahan Ajar Video 3GP

0
1248

Sejalan dengan makin banyaknya para siswa yang menggunakan Handphone multimedia yang mempunyai fasilitas untuk memutar video, maka para pengajar dapat memanfaatkannya untuk membuat Materi Bahan Ajar. Materi Bahan Ajar ini bisa kita ambil menggunakan Kamera Handphone yang dimiliki oleh bapak ibu sekalian disesuaikan dengan kebutuhan pengajaran masing-masing.

Kelebihan materi jenis ini:

  • Lebih mudah dan cepat dalam pembuatannya. Guru dapat menggunakan handphone untuk membuat video dan software gratis untuk mengeditnya. Bahkan ada beberapa handphone yang menyediakan fasilitas editing video sederhana.
  • Banyak cara untuk memutar video. Siswa dapat melihat secara online (streaming dengan browser), atau mendownloadnya kemudian dipindahkan ke handphone (sehingga dapat dilihat kapan dan dimana saja, kalau perlu sambil tiduran) atau mendownloadnya kemudian diputar di komputer.
  • Video lebih mudah dicerna. Generasi murid sekarang adalah generasi pengguna berat TV dan komputer sehingga lebih mudah memahami materi berbentuk video. Video juga dapat diputar berulang-ulang.

Kelemahannya:

  • Ukuran. Untuk video berdurasi hanya 3 menit, dibutuhkan space 1.5 MB. Apalagi internet di Indonesia umumnya masih lambat.

Setelah direkam, hasilnya adalah video dengan format 3gp. File ini diupload ke server agar dapat diambil oleh siswa.

Sedangkan agar video dapat diputar di browser (streaming), maka 3gp perlu dikonversi menjadi FLV (Flash Video). Dalam hal ini menggunakan software gratis Riva FLV (4.7 MBytes ) untuk mengkonversinya. Set movie size-nya paling kecil, bitratenya paling kecil dan bitrate audio 48 (kurang dari itu, gerakan mulut dan suara tidak sinkron).

Setelah jadi FLV, maka dapat film dapat diputar dengan bantuan player dari http://mediacollege.com/flash/media-player (gratisan juga).

Beberapa tips:

  1. Gunakan latar yang sesederhana mungkin. Termasuk baju. Gunakan baju polos dan hindari baju bermotif rumit seperti batik. Semakin rumit gambar, maka semakin besar ukuran film (ini berkaitan dengan teknik kompresi video).
  2. Layar handphone sangat kecil. Gunakan sebanyak mungkin teknik close-up.

Berikut akan kami contohkan hasil rekaman Bahan Ajar menggunakan Kamera Handphone. Handphone yang digunakan adalah Sony Ericson K750i dengan 2 Mega Pixel.

File 3GP-nya bisa di-download disini

Jika video putus-putus, tunggu sampai selesai karena dalam proses buffering download dari server SMAN 1 Pare.

Hasil Upload di LayarTancap.com
.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here