Perlukah Web Pendidikan Menggunakan Konsep SEO?

2
1200

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini semua orang menggunakan Search Engine seperti Google ataupun Yahoo untuk mencari hampir semua informasi yang dibutuhkan di internet. Mulai dari mencari driver printer sampai mencari materi makalah untuk presentasi, rujukan utamanya adalah Search Engine.

Lalu sepenting apakah Web Pendidikan harus menggunakan konsep SEO (Search Engine Optimization)?. Institusi pendidikan tentunya memiliki resource seperti media pembelajaran dan jurnal yang sebenarnya jika di-share akan lebih berguna bagi khalayak, tidak hanya terbatas untuk kalangan institusi itu sendiri.

Lalu jika web kita tidak muncul di Search Engine, padahal di web kita banyak konten bagus apakah konten kita ada yang melihat? jawabannya tidak!. Akhirnya konten kita tersebut hanya akan kita nikmati sendiri, padahal potensi konten tersebut untuk dimanfaatkan dan dikembangkan oleh pihak lain justru akan terbuka lebar jika web kita bisa tampil di Search Engine.

Bagaimana Caranya?

Saya hanya akan memberikan gambaran dasar dari SEO, dengan cara yang minimalis ini saja saya rasa sudah cukup terbukti termasuk di web SMA 1 ini.

  1. Jangan melupakan Meta
    Beberapa web pendidikan termasuk web SMA tidak memiliki Meta terutama Meta Description dan Meta Keywords. 2 Meta ini sangat penting diletakkan di web kita, Meta Description untuk menjelaskan apa isi web kita dan Meta Keywords untuk meletakkan kata kunci yang kita inginkan agar orang masuk ke web kita. Contohnya seperti di bawah ini

    < meta name=”description” content=”Website SMA Negeri 1 Pare, Kediri. Website ini berisi kegiatan siswa dan guru di SMA 1 Pare seperti OSIS, Alumni, TIK. Ada forum untuk diskusi dan galeri foto kegiatan SMAN 1 Pare” />
    < meta name=”keywords” content=”Web SMAN 1 Pare, SMA Negeri 1 Pare, SMA Pare, SMANSA Pare, SMA di Kediri, SMA Kediri, smunsa pare” />

  2. Gunakan Title Web Yang Tepat
    Gunakan title web yang sesuai dengan Web anda, misalnya web anda tentang jurnal fisika maka anda bisa memberikan title pada Web anda seperti ini : Web Download Jurnal Fisika atau Download Jurnal Fisika Gratis. Hal ini berkaitan dengan trend pencarian oleh pengguna yang memang kebanyakan mencari tempat untuk download jurnal atau mencari referensi jurnal fisika yang bisa di-download.
    Baik Meta Maupun Title nantinya harus diletakkan diantara tag Head.

    < title>Website SMA Negeri 1 Pare – Kediri | Menuju SMA Berbasis ICT< /title>

  3. Gunakan Sitemap
    Agar web kita cepat tampil di Search Engine, formatnya biasanya menggunakan XML. Seperti Sitemap SMAN 1 Pare. Jika sitemap sudah ada, tinggal kita masukkan ke Google Webmasters. Seberapa cepatkan konten kita akan keluar di Google? hanya 13 menit!!
  4. Analisa Trafik Kunjungan
    Setelah ada kunjungan di web kita, kita harus menganalisa. Dimanakah kekuatan web kita? konten manakah yang banyak dikunjungi oleh pengunjung web kita? Pengunjung datang menggunakan kata kunci apa?. Hal ini perlu untuk pengembangan konten web kita serta untuk memberikan kepuasan bagi pengunjung sehingga pengunjung akan datang kembali di web kita. Kita bisa menggunakan layanan dari Google Analytic untuk melakukan hal ini.

Pada Dasarnya hal diatas sudah cukup membantu web kita agar bisa masuk ke Google atau Search Engine. Semoga dengan teknik ini, akan semakin banyak web pendidikan baik dari institusi mulai dari SD, SMP, SMA dan lembaga terkait lainnya yang bisa menampilkan konten pendidikan yang bermanfaat dan bisa digunakan bersama demi kemajuan pendidikan Indonesia. Amin

Rofi’ul Hadi.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here