Web Sekolah Waspadai Hole Security

4
1992

Sebenarnya tidak sengaja tadi berkunjung ke sekolah mitra kami yaitu SMA Muhammadiyah 1 Gresik hanya untuk sekedar silaturahmi sambil melihat berita terbaru dari sana. Saat halaman sudah berhasil di-load, perhatian saya langsung tertuju pada 2 image yang terpampang di halaman depan. Ya itu khas-nya cracker/hacker atau apalah namanya yang sudah berhasil memasuki sistem web Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Gresik.

Saya sendiri juga takut web SMAN 1 Pare juga akan bisa dibobol oleh orang apalagi database alumni yang bagi sekolah sangat penting sekali. Karena itu kami menutupi semua hole dan list plugin yang kami gunakan di web SMAN 1 Pare. Resiko menggunakan Open Source memang seperti ini, karena itu update terus web kita dengan patching terbaru yang diterbitkan oleh komunitas pengembang termasuk dalam ini CMS kami yang menggunakan WordPress.

Semoga web SMAM 1 Gresik segera berhasil dipulihkan, saya sendiri belum berhasil menghubungi admin web-nya..

4 COMMENTS

  1. he…he..he…

    iya pak, kemarin ternyata ada hole di security kita. Langsung kita rapatkan tim IT, trus kita coba tutup lagi.

    Lumayan, sekarang udah agak rapai. Cuma mungkin dari CMS-nya sendiri amasih ada celah (crack dari Joomla/Mambonya). Untuk plugin dan module/coomponent amasih ada kesempatan buat hacker untuk masuk.

    Thank's

    Webmaster SMA Muhammadiyah 1 Gresik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here