E-Learning dan Digital Library

2
1638

Setelah dua hari digelar, pameran tehnologi yang digelar di SMA Negeri 1 Pare telah berakhir. Seolah tak mau ketinggalan, ribuan pengunjung kemaren memanfaatkan momen tersebut untuk sekedar melihat bahkan berbelanja sejumlah perangkat elektronik mutakhir yang ditampilkan dalam pameran tersebut.

Selain pameran, SMA Negeri 1 Pare juga menyelenggarakan seminar dengan tema “Pemanfaatan Pendidikan Berbasis Web Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran” dengan mendatangkan narasumber dari PPPPTK Elektronika/VEDC Malang. Seminar tersebut sekaligus juga menjadi awal peresmian sarana dan prasarana pendidikan yang meliputi : digital library, E-Learning, laboratorium biologi, dan laboratorium kimia yang digunakan secara mandiri.

SMA Negeri 1 Pare sebagai salah satu sekolah rintisan pusat sumber belajar (PSB) juga melaksanakan kegiatan pelatihan “Pembuatan Web bagi guru-guru SMP/MTS, SMP/MA se Kab. Kediri”. Pelatihan ini bertujuan untuk mendesiminasikan ilmu yang sudah dimiliki oleh Tim Pengembang TIK SMA Negeri 1 Pare ke sekolah lain, dengan demikian sekolah-sekolah di Kab. Kediri juga dapat termotivasi untuk berkembang pembelajaran TIK-nya.

Sejauh ini SMA Negeri 1 Pare juga terus melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Salah satunya proses pembelajaran yang berbasis ICT. Saat ini beberapa mata pelajaran pembelajarannya sudah dapat dilaksanakan secara on line. Demikian juga beberapa guru juga sudah memiliki web blog untuk pembelajarannya misalnya : http://sidikpurnomo.net untuk pembelajaran fisika, http://ehadip.co.nr untuk pembelajaran bahasa inggris, http://akuherman.web.id untuk pembelajaran TIK kelas X, http://meryna.web.id untuk web laboran SMA Negeri 1 Pare, http://margoridho.net untuk pembelajaran TIK kelas XII.

Selain itu, untuk perpustakaan juga mulai terus dilakukan pembenahan. Proses pelayanan di perpustakaan yang sebelumnya dilakukan secara manual mulai berubah ke program digital library yang serba computerized. Hal ini makin memudahkan siswa dalam melakukan pencarian buku dalam katalog yang telah tersusun. Tidak perlu lama-lama mencari buku, tinggal klik saja pada menu yang tersedia.

Dengan digital library diharapkan bisa membuat siswa untuk berdisiplin dengan ketentuan dalam hal peminjaman buku di perpustakaan.

Semoga dengan berbagai usaha yang telah dilakukan oleh SMA Negeri 1 Pare dapat semakin mempercepat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Terus berjuanglah SMA-ku tercinta semoga Allah meridhoi..

2 COMMENTS

  1. UJIAN ONLINE…!!!

    Melelahkan,, banyak yang harus dipersiapkan agar SMA 1 Pare untuk bisa melaksanakan ini.

    jangan menyulitkan semua pihak dong… terutama para muridnya.

    butuh proses proses…!!!!

    :mabok:

    • Benar..kalian para murid termasuk dalam proses ini. Jadi mari kita lakukan proses evaluasi bersama-sama. Beri masukan dan kritik membangun serta solusi yang bisa kita pakai untuk menerapkan E-Learning di SMA kita.

      Ingat! Sistem ujian online di Kediri baru diadakan oleh SMA kita. Kita sesungguhnya jadi pioneer dalam pembelajaran online.

      Jika akhir-akhir ini sering terjadi gangguan di server, mohon maaf. Karena memang ada keterbatasan jaringan di server hosting untuk melakukan kegiatan pembelajaran online.

      Kita harus mengevaluasi bersama sistem ujian online ini, karena SMA 1 Pare sudah ditunjuk sebagai Pusat Sumber Belajar oleh Dikmenum.

      Jadi? Mau tidak mau kita harus mengevaluasi bersama Ujian Online ini, kawan-kawan. Dan kalianlah para murid yang bisa merasakan segala hal baik lebih atau kurangnya.

      Masukkannya kita tunggu :keren:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here