Bu Maryani; Bu Guru yang Suka Memasak

0
560

Bu Maryani, salah satu guru bahasa Indonesia yang akrab disapa Bu Mar ini tentunya sudah tak asing lagi dimata warga SMAN 1 Pare.Bagaimana tidak????? Beliau merupakan salah satu guru yang paling lama mengabdi di SMA kita tercinta ini, yaitu mulai berdirinya SMA ini sampai sekarang.Sekitar tahun 1992 sampai tahun 1995 beliau pernah diberikan kepercayaan untuk menjabat sebagai wakasek bidang sarana prasarana, dan pada tahun 1995 beliau menjabat sebagai wakasek kesiswaan selama dua tahun.
Profil Ibu Maryani SMAN 1 Pare
Guru yang mempunyai hobi memasak ini, lahir di Tulungagung pada tanggal 4 Mei 1957. Pendidikan beliau dimulai dari SD pada tahun 1966 sampai tahun 1971. Kemudian beliau melanjutkan ke SMP dan lulus pada tahun 1973. Sebenarnya dulu beliau bercita – cita untuk menjadi seorang bidan. Menurut beliau, bidan merupakan salah satu pekerjaan yang mulia karena bisa membantu sesama yang membutuhkan pertolongan. Bukan materiil yang lebih beliau prioritaskan, melainkan lebih kepada rasa keikhlasan yang tulus kepada sesama. Namun, karena saat lulus dari SMP umur beliau belum cukup, maka beliau melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA dan memutuskan untuk bercita – cita menjadi seorang guru. Setelah lulus SMA, tahun 1977 beliau kuliah di IKIP Negeri Malang jurusan Bahasa dan Sastra. Pada waktu kuliah beliau pernah mendapatkan beasiswa mulai tingkat dua, yaitu beasiswa Pelita dan beasiswa Langka. ( wah,,hebat ya……)

Sebelum mengajar di sekolah kita , beliau pernah mengajar di salah satu SMA swasta di Pare, kemudian beliau juga pernah mengajar di STM CB selama kurang lebih dua tahun.

Beliau mengaku bahwa hubungannya dengan siswa sangatlah erat. Hal ini terbukti ketika hari ibu tahun 2006, beberapa anak didiknya yang merupakan siswa SMAN 1 Pare pernah mengamen di depan rumah beliau sambil menyanyikan lagu ‘BUNDA’. Saat itu, masing – masing anak didiknya membawa beberapa tangkai bunga mawar dengan bermacam – macam warna.Dari peristiwa itu, Bu Mar merasa terharu dan bahagia.

Hampir setiap tahun beliau selalu mendapatkan kepercayaan untuk menjadi wali kelas. Tahun lalu saat menjadi wali kelas XII jurusan IS, sering kali beliau menghadapi anak – anak yang nakal dan cukup bandel. Menurut beliau sebenarnya anak tersebut tidaklah nakal, mungkin bisa saja anak tersebut kurang mendapat perhatian dari keluarganya atau bisa juga karena faktor pergaulan yang salah. Untuk menangani masalah tersebut, beliau selalu berusaha mendekati anak tersebut untuk memberikan motivasi – motivasi yang baik yang nantinya bisa berguna bagi mereka.

Hasil wawancara dengan BU MARYANI

Oleh : Lusiana W & Yuni_x7

Artikel asli dari Tim GESIT SMAN 1 Pare.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here