Elearning 2 : Setting Server hosting

5
1189

Elearning 2 : Setting Server hosting

SMA Negeri 1 Pare – Kediri

Awal bulan Nopember 2008, mulai kami melakukan registrasi guru dan siswa ke situs elearning. Secara rame2 tentunya, di lab. Komputer. Kami coba langsung registrasi menggunakan 42 komputer, melalui jalur speedy 1 line statis IP. Ternyata koneksi ke server hosting langsung down.

Saat itu kami langsung bingung, prosedur cek infrastruktur network kami lakukan dan ternyata aman saja. Dengan cara membuka situ lain dan Yahoo Messenger lancar, tapi membuka Top Domain Sekolah http://sman1pare.sch.id koneksi error. Berarti network kami tidak ada masalah.

Kami coba kontak teman-teman di luar network SMA via Yahoo Messenger (YM) agar membuka web kami, ternyata lancar dan tidak ada kendala. Berarti pasti ada sesuatu yang salah dengan setting nya, entah di network kami, line speedy atau di server hosting. Kami coba kontak admin Speddy, informasinya bahwa akan di cek di bagian cache memori IP karena Speddy baru selesai upgrade infrastruktur. Tiga hari, pihak Telkom memberi informasi bahwa cache memori IP di Telkom tidak masalah. Berikutnya kami kontak admin server hosting Pak Ahlul, tentang domain kami yang down. Ternyata memang dari pihak admin hosting ada setting dengan konfigurasi 1 IP address apabila mengakses server secara bersama-sama dalam satu waktu maka koneksi akan di putus dengan batas waktu tertentu karena IP tersebut di anggap melakukan kegiatan Boming atau spammer.

Tindak lanjut berikutnya, kami SMA Negeri 1 Pare dengan pihak imediabiz.com mengadakan kesepakatan bahwa IP statis 125.167.57.220 di masukkan ke daftar whitelist. Akhirnya proses registrasi massal bisa kami lakukan di area sekolah baik melalui media kabel maupun hotspot dalam waktu 1 minggu.

Kesimpulan dari peristiwa ini bisa di ambil yaitu apabila web kita down maka bisa di cek via IP lain untuk mengaksesnya, serta konsultasi dengan pihak admin server hosting tentang whitelist dan blacklist IP adalah pilihan paling tepat.

Bersambung…

.

5 COMMENTS

  1. After a long time I got something fresh and quality content on related topic. I searched a lot for the related material but got almost replica work. Keep it up! It is really very informative.

  2. oalah mas admin…mas admin gak bisa bwat tanggal yang bener ya. weleh2 masak website yang katanya siiiiiiiiiiiiiiip tanggalnya ja keliru. hehehehehehehehehehehehehehehehehh

    hehehehehehe

    malu aku………….

  3. Sudah kami sediakan space di Blog Agregator, cara untuk masuk ke Blog Agregatr juga sudah kami cantumkan. Jika memang berminat bergabung baik siswa, guru maupun alumni bisa langsung melakukan registrasi. Kan tidak etis kalau tidak melakukan registrasi tapi kami cantumkan linknya di Blog AGregator SMANSA.

    Ayo siapa lagi yang mau daftar? :keren:

  4. Sekedar usul,tlg di akomodasi pare BLOGER SMUNSA..

    Banyak ank smunsa yg pny blog termasuk alumni tp belum ada wadahnya khusus bwt ank smunsa.

    sekedar bwt referensi BLOGER berikut.

    referensi:
    http://bloggerub.com/
    mahasiswa n alumni Universitas Brawijaya

    sapa tau ntar da "LASKAR SMUNSA" -> Julukan buat para bloger SMUNSA yg udah register di admin http://sman1pare.sch.id.
    bisa dikasi space sdikit bwt nampili foto n posting terakhir para Laskar Smunsa td. biar lebih semangat bwt posting kayak di http://bloggerub.com/...

    maju terus blogger SMUNSA

    thanks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here