Tim Robotik SMANSA Juara 1 Desain Robot Gulifobot 2009

16
1190

Pagi ini tim robotik SMAN 1 Pare pulang dari Tangerang setelah selama seminggu lebih mengeluarkan segala kemampuannya di ajang Gulifobot 2009 (Gunadarma Line Follower Robot 2009). Disambut oleh teman-teman sekelas mereka yaitu Kelas X-2, bapak ibu guru serta tentu saja Bapak Kepala Sekolah Drs. Sugiharto MM di gerbang SMANSA. Dengan sukacita membawa piala yang diperoleh dari ajang Gulifobot 2009.

Berangkat tanpa target apapun dan hanya sekedar mengikuti lomba untuk mencari pengalaman, tim Robotik SMANSA berhasil meraih Peringkat 6 Robot Tercepat dan Peringkat 1 Desain Robot Terbaik dari 15 tim.



Seperti yang disebutkan sebelumnya, Tim Robotik SMANSA adalah satu-satunya tim yang berasal dari luar Jabotabek. Lawan-lawan yang dihadapi tidak tanggung-tanggung, sudah memiliki pengalaman berlomba di luar negeri. Akan tetapi Tim SMANSA tidak putus asa dan pantang menyerah. Meskipun menggunakan robot rakitan sendiri dan menggunakan spare part yang bisa dibilang merupakan daur ulang, mampu memberikan perlawanan dari kontes ini.

Seperti yang disampaikan oleh Rezza, tim SMANSA kalah dari tim-tim lain karena tim-tim lain menggunakan robot pabrikan bahkan spare part-nya dibeli di luar negeri. Bahkan ada robot peserta yang merupakan pinjaman dari robot peserta tingkat mahasiswa yang sebelumnya juga diikutkan lomba di tingkat mahasiswa, hal ini sempat diprotes oleh tim SMANSA. Apalagi tim lain juga ditemani oleh pembimbing yang sudah cukup mahir dalam dunia robotik.

Ada cerita menarik saat lomba, yaitu robot tim SMANSA bisa melakukan gerak mundur bila keluar dari jalur (line) sedangkan robot tim lain jika keluar dari jalur harus diangkat/dipindahkan secara manual. Dan gerakan mundur ini mendapatkan applause dari dewan juri serta penonton. Bahkan dari rekaman video yang diambil oleh tim Robotik SMANSA terlihat jelas saat robot berusaha mencari jalur saat keluar lintasan, robot maju mundur bergerak mencari lintasan terakhir.

Untuk Juara Desain Terbaik, Robot yang dimiliki Tim SMANSA tergolong sedikit unik. Keunikan ini karena menggunakan beberapa bahan daur ulang atau bahkan bisa dibilang bahan dasar yang tidak terpakai. Bahkan Tim ICT SMANSA keheranan melihat tampilan robot ini, ada potongan kardus sebagai sayap robot serta roda depan menggunakan gotri sepeda. Tim ICT SMANSA hanya bisa geleng-geleng kepala melihat kreativitas teman-teman robotik SMANSA ini.

Selanjutnya Tim Robotik akan disiapkan mengikuti LCEN ITS 2009, semoga persiapannya makin solid.

Semoga prestasi Tim Robotik SMANSA bisa memacu siswa-siswi SMAN 1 Pare untuk terus menunjukkan keunggulannya

[photoxhibit=31].

16 COMMENTS

  1. selamat ya bwt TIM ROBOTIK sMansa DRI klz x 2……saluuut bgt lho bwt 3 DIVO tim robotik…soalx dah ngebanggain Nama School qta SMAN 1 Pare….cayooo TRuz Za……Be success Friends!!!!truz tingkatin prestasi

  2. :malu:

    Aduh saya jadi malu soal penyambutan hari selasa kemarin. . .

    Tapi terharu banget. . .

    Makasih ya buat semuanya. . .

    Khususnya temen – temen CaXas (Community Arek X2 Smansa). . .

    :wow:

LEAVE A REPLY