Try Out UN 2009

0
393

Tidak terasa sudah memasuki bulan April 2009, tentunya di bulan April ini adalah bulan yang sangat menentukan bagi siswa siswi kelas XII. Apalagi kalau bukan Ujian Nasional yang menentukan kelulusan mereka tahun ini. Lulus tahun ini tentu saja harapan bagi semua siswa kelas XII.

Untuk menyiapkan mental dan sebagai ajang latihan bagi siswa kelas XII, sejak tanggal 30 Maret – 1 April 2009 diselenggarakan Try Out UN. Try Out ini sendiri diadakan oleh Diknas Kabupaten Kediri untuk mengukur kemampuan siswa-siswi di Kabupaten Kediri. Tentunya Try Out juga disimulasikan seperti Ujian Nasional yang sesungguhnya, bisa dilihat dari persiapan ruangan, penomeran peserta dan penataan bangku dibuat sedemikian rupa agar siswa siap saat menghadapi UN 2009.

Dari siswa sendiri tentunya ajang Try Out ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk latihan soal, tentunya persiapan mengikuti Try Out juga harus optimal. “Dikit-dikit persiapan”, seperti yang disampaikan Rahmad Bagus siswa kelas XII IPA3 saat ditanya bagaimana persiapannya dalam Try Out ini. “Try out ini untuk uji kemampuan agar bisa mengerjakan sendiri soal UN nanti”, demikian Rahmad melanjutkan.

Untuk menghadapi UN sendiri, Rahmad punya cara belajar sendiri yaitu sehari minimal 1 jam dipakai untuk belajar review ulang materi pelajaran. Latihan soal yang sering dipakai adalah soal UN dan SNMPTN yang sering keluar, soal-soal inilah yang dipakai untuk latihan. Untuk soal yang paling sulit menurut Rahmad adalah soal Fisika dan Kimia (namanya juga IPA :nyerah ).

Saat ditanya kalau lulus mau meneruskan kemana, Rahmad mengaku masih belum punya pilihan. Harapannya bagi sekolah, nanti setelah UN diadakan seminar dengan mendatangkan alumni yang masih kuliah ataupun yang sudah kerja untuk memberikan gambaran dunia perkuliahan dan dunia kerja yang nantinya akan dihadapi nantinya. Tentunya ini merupakan tugas bagi IKASMAPA untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan dunia perkuliahan dan dunia kerja bagi para siswa-siswi SMAN 1 Pare yang nanti akan lulus.

Mari kita doakan siswa-siswi Kelas XII SMAN 1 Pare bisa lulus 100% kembali seperti tahun lalu.

Amin.

LEAVE A REPLY