SMANSA Mobile Edition

12
1918

Di era informasi yang terus berkembang saat ini, semua berita harus bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Dengan semangat tersebut, Tim ICT melakukan beberapa perubahan di website SMANSA meski para pengunjung tidak akan merasakan secara langsung perbedaan-nya dari luar :wow:

Selama ini kendala utama dari website SMANSA adalah tidak bisa diakses dari ponsel. Ini memang disadari semenjak memutuskan membeli hosting di server IIX, karena memang server IIX hanya memiliki alokasi bandwith luar negeri yang kecil. Apalagi beberapa provider GSM menggunakan proxy luar negeri untuk akses internetnya. Akibatnya jelas, web SMANSA tidak bisa diakses dari IP luar negeri.

Untuk mengatasi hal tersebut, Tim ICT memutuskan memindahkan web utama di server Singapura sumbangan dari alumni. Server Singapura lebih dekat dengan Indonesia sehingga hop yang dilewati lebih sedikit daripada hosting di US, relatif tidak ada bedanya dibanding server di IIX. Proses migrasi sudah berlangsung dengan sukses 10 Mei 2009.

Sedangkan fasilitas lainnya seperti website E-Learning, E-Library, Alumni, Forum dan GESIT masih berada di server IIX karena membutuhkan server yang dekat.

Server sudah pindah, tapi ada kendala lain. Untuk mengakses web SMANSA ternyata berat jika harus melakukan loading web yang lebar. Untuk itu dibuat aplikasi yang menampilkan feed terbaru dari web SMANSA yang bisa diakses dari ponsel. Sehingga bandwith yang dibutuhkan juga kecil sehingga lebih cepat diakses dan tentu saja menjadi lebih murah.

SMANSA Mobile Edition ini sudah berjalan dengan baik menggunakan browser Opera Mini bisa juga menggunakan browser mobile lainnya. Juga disediakan kolom komentar, sehingga tetap bisa mengirimkan komentar dengan kolom yang lebih kecil. Untuk mengakses versi mobile ini juga tidak perlu mengetikkan alamat URL lainnya, cukup buka website http://sman1pare.sch.id dari ponsel anda dan otomatis website akan mengenali browser ponsel anda lalu diarahkan ke versi mobile.

Skema Web Server SMAN 1 Pare
Skema Web Server SMAN 1 Pare

Versi Mobile ini sendiri ditujukan untuk kegiatan Penerimaan Siswa baru (PSB) 2009, sehingga para orang tua maupun calon siswa bisa terus memantau perkembangan PSB dari ponsel masing-masing di rumah tanpa harus repot ke sekolah. Sebelumnya Tim ICT sudah menjalankan SMS Gateway untuk penerimaan siswa baru, kali ini inovasi lain diberikan untuk memberikan kemudahan bagi para pengunjung website SMANSA.

Pantau terus berita terbaru dari SMA Negeri 1 Pare langung dari ponsel kamu.

Dimanapun, Kapanpun!

12 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here