HASIL SUPERVISI DAN EVALUASI RSKM/RSSN, RPBKL, RPSB, DAN KTSP

0
1931

Supervisi dan evaluasi SMA Rintisan Sekolah Kategori Mandiri/Sekolah Standar Nasional (RSKM/
RSSN dan Rintisan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (RPBKL) tahun 2009 difokuskan pada
pencapaian 8 standar nasional pendidikan melalui program RSKM/RSSN, RPBKL, RPSB dan KTSP.

Supervisi dan evaluasi yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pare sebagai pelaksana program RSKM/RSSN, RPSB pada tanggal 10 Nopember 2009

Secara umum nilai supervisi dan evaluasi terhadap komponen, aspek dan indikator RSKM/RSSN
adalah 364,65 dengan kategori SIAP SKM/SSN Sedangkan hasil pencapaian program RPBKL
berada pada kategori KURANG (nilai 0 ), program RPSB berada pada kategori SANGAT BAIK
(nilai 36 ) dan keterlaksanaan KTSP berada pada kategori BAIK (nilai 35,75 )

Komponen RSKM/RSSN yang sudah memenuhi atau hampir memenuhi persyaratan indikator, dan aspek adalah Kepemilikan dokumen kurikulum, Komponen KTSP , Pencapaian KKM mata pelajaran, Pencapaian SKL mata pelajaran, Pengawasan proses pembelajaran, Perangkat penilaian, Hasil penilaian,

Komponen yang perlu mendapatkan penanganan segera karena berpengaruh kuat terhadap
kualitas penyelenggaraan pembelajaran di sekolah adalah Lulusan yang diterima di PT

Keberhasilan yang dapat ditampilkan sekolah diantaranya adalah  :

1.Kepemilikan dokumen KTSP sangat baik, dan sudah ditandatangani oleh kepala sekolah, komite sekolah dan pendidikan provinsi.

2.Komponen KTSP sangat baik, kelengkapan struktur dan muatan KTSP yang memuat 11 cakupan.

3.Pencapaian rata-rata KKM peserta didik per mata pelajaran sangat baik, di atas 75 % .

4.Dalam proses pencapaian SKL mata pelajaran sangat baik, dan melaksanakan 5 langkah kegiatan.

5.Standar kelulusan US memiliki kriteria lebih dari standar POS.

6.Penyiapan perangkat pembelajaran sangat baik, semua guru membuat silabus dan RPP.

7.Penyusunan RPP sangat baik, menunjukkan kegiatan yang mendorong partisipasi aktif peserta didik dan menerapkan TIK.

8.60% guru mengembangkan bahan ajar dalam bentuk bahan ajar berbasis TIK.

9.Hampir semua guru sudah menerapkan pembelajaran berbasis TIK.

10.Penilaian hasil belajar baik, karena terprogram sesuai prosedur yang ada.

11.Pengawasan sangat baik, sesuai program dan dilaksanakan dengan intensif serta ditindaklanjuti.

12.Hampir 100 % pendidik telah berkualifikasi akademik S1 bahkan lebih dari 30 % S2

13.Tenaga kependidikan secara keseluruhan memenuhi standar. Tenaga laboran, perpustakaan dan administrasi telah memiliki sertifikat yang sesuai dan mampu mengoperasikan komputer dengan penguasaan yang baik.

14.Tenaga administrasi menerapkan TIK bahkan dengan penguasaan sangat baik.

15.Tenaga layanan khusus lengkap sesuai standar.

16.Satuan pendidikan memiliki 24 rombongan belajar.

17.Lahan sekolah telah bersertifikat dengan luas 6.165 m2.

18.Bangunan dilengkapi dengan daya listrik terpasang 33.000 watt dan ada program perawatan secara berkala dan dilaksanakan sesuai program.

19.Ruang perpustakaan standar, dan dilengkapi semua perabot pendukung lainnya.

20.Ruang Laboratorium biologi standar dilengkapi dengan perabot lengkap, alat atau bahan lengkap , media dan bahan-bahan habis pakai

21.Ruang Laboratorium Fisika standar dilengkapi dengan perabot lengkap, alat atau bahan lengkap , media dan bahan-bahan habis pakai

22.Ruang Laboratorium kimia standar dilengkapi dengan perabot lengkap, alat atau bahan lengkap , media dan bahan-bahan habis pakai serta ruang asam

23.Lab.komputer standar , jumlah komputer memadai dan telah link dengan server

24.Lab. Bahasa standar dan lengkap dengan perabot , perangkat audio visual serta modul

25.Ruang konseling, UKS dan OSIS ada, terpisah, memadai dan relatif lengkap

26.Tersedia 7 Jamban khusus untuk peserta didik , terpisah pa dan pi , cukup bersih

27.Visi, misi, tujuan terumuskan dengan baik , ada program sekolah dan bukti pelaksanaan program

28.Pedoman sekolah tersusun lengkap, bahkan dibukukan secara permanen dan disosialisasikan kepada wali peserta didik

29.Memiliki pedoman penyelenggaraan PSB, bahkan PSB ini terus dikembangkan oleh sekolah

30.Struktur organisasi sekolah tersusun dengan baik dilengkapi dengan tupoksinya

31.Pelaksanaan bidang kesiswaan cukup baik, terprogram , terjadwal dan terus dikembangkan

32.Pelaksanaan bidang kurikulum cukup baik, terprogram , terjadwal dan terus dikembangkan

33.Pelaksanaan bidang diktendik cukup baik, terprogram , terjadwal dan terus dikembangkan

34.Pelaksanaan bidang sarpras cukup baik, terprogram , terjadwal dan terus dikembangkan

35.Pelayanan pustaka berbasis TIK cukup baik dan terus dikembangkan

36.Semua realisasi keuangan mendasar pada pedoman dan ada pembukuan dengan tertib

37.Terdapat akses yang sangat mudah bagi warga sekolah, informatif , banyak slogan, peringatan dan motivator

38.Sekolah telah mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak, ada MOU dan bukti lainnya

39.Evaluasi diri terhadap kinerja sekolah telah dilakukan dengan berkala dan berkesinambungan

40.Jenjang Akreditasi Sekolah A

41.Kepala sekolah dibantu dengan wakil-wakilnya lengkap dan proses rekruitmenya sehat dan transparan

42.SIM terkelola dengan sangat baik dan terus dikembangkan

43.Sekolah bersama komite sekolah merancang dan mengalokasikan semua biaya pendidikan untuk operasional sekolah termasuk mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan

44.Sumber pembiayaan sekolah menggali sumber-sumber pembiayaan pendidikan dari orang tua murid dan pemerintah serta donatur lainnya agar memenuhi kebutuhan pembiayaan pendidikan secara mandiri.

45.Sekolah memiliki program kerja dan memanfaatkan sumber dana yang ada serta selalu membuat laporan pertanggungjawaban secara transfaran dan akuntabel

46.Seluruh pendidik melakukan penilaian hasil belajar siswa untuk memantau kemajuan dan keberhasilan dalam belajar serta melakukan kerja sama dengan lembaga pendidikan lain

47.Untuk rerata nilai untuk tiga tahun terakhir telah terpenuhi serta jumlah kelulusannya juga telah terpenuhi tetapi pada tahun 2008/2009 menurun walaupun masih diatas rata-rata

48.Sekolah memiliki tim pengkaji SNP serta memiliki program kercapain SNP sekolah serta mensosialisasikan SNP pada seluruh warga sekolah dan komite sekolah

49.ada dukungan dari Dinas Pendidikan Propinsi/Kab/Kota serta pendampingan PT, LPMP sertaP3G dalam rangka pencapaian SNP dalam bentuk fasilitasi maupun pendanaannya serta dibuktikan dengan MoU.
Saran-saran :
1.  Untuk Sekolah
Dari segi peningkatan kualitas sekolah / kualitas pembelajaran dan semua sarpras pendukungnya cukup bagus dan sekolah terus berupaya meningkatkannya. Untuk pemenuhan sarana gedung (ruang guru ) disarankan membangun secara bertingkat, mengingat lahan terbatas. Kekurangan ruang kelas / ruang teori sebaiknya segera diupayakan untuk dipenuhi, sebab dengan dipakainya beberapa ruang laboratorium sebagai ruang kelas sementara akan mengganggu PBM / pemakaian laboratorium tersebut.

2. Untuk Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
SMA Negeri 1 Pare adalah sekolah percontohan yang diharapkan dapat sebagai rujukan sekolah-sekolah disekitarnya. Oleh sebab itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri disarankan dapat lebih mendukung sekolah tersebut dalam hal melakukan pembinaan, pendampingan dan atau penyediaan alokasi dana APBD guna pemenuhan sarana dan prasarana yang belum ada .

3. Untuk Dit. Pembinaan SMA
Mendasar hasil supervisi dan temuan dilapangan, bahwa program RSKM di SMAN 1 Pare dapat dikembangkan dengan baik oleh warga sekolah. Hampir semua komponen dapat berjalan secara sinergis dan terus ditingkatkan. Setelah tahun ke-3 program ini berjalan , ada baiknya Dit.PSMA memfasilitasi peningkatan peran pemerintah daerah , agar tahun-tahun berikutnya pembinaan sekolah tersebut dapat dilanjutkan oleh pemerintah daerah .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here