Implementasi Ujian Tengah Semester “Paperless”

1
1270

Pemanfaatan TIK sangatlah penting untuk menunjang proses belajar mengajar di setiap instansi pendidikan. Akses yang mudah, terkontrol pada satu jaringan, dimanapun tempatnya, kapanpun waktunya, pengerjaan yang cepat itulah sebagian manfaat TIK yang selama ini kita ketahui. Akan tetapi memang ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, TIK bukan sulap dan bukan sihir. Kita harus mendesainnya terlebih dahulu untuk mencapai hasil yang mudah dan cepat.
Penerapan TIK Ujian Online SMA Negeri 1 Pare
Disini TIK digunakan untuk pelaksanaan Ujian Tengah Semester. Tujuan dilaksanakannya Ujian Tengah Semester untuk mata pelajaran TIK ini adalah untuk mengukur sampai dimana ketercapaian peserta didik memperoleh materi selama semester pertama dimulai sampai dengan pertengahan. Disana terdapat teori dan juga praktik yang harus peserta didik ikuti selama proses belajar mengajar.

Ujian TIK harus sekaligus mendapatkan minimal 2 ranah penilaian yaitu Kognitip (teori) dan Psikomotorik (praktik), maka dari itu ujian ini tidak lagi menggunakan media kertas untuk membaca soal dan menulis jawabannya melainkan menggunakan TIK atau yang disebut dengan “Ujian OnLine”. Pelaksanaan ujian ini dilaksanakan disetiap kelas pada saat jadwal mata pelajaran TIK dan tempat yang digunakan adalah lab komputer.

Disini peserta didik langsung dihadapkan pada komputer, setiap peserta didik mendapatkan komputer sendiri-sendiri yang sudah terkoneksi jaringan ke server sekolah. Istilah keren dari pembelajaran online ini disebut dengan “Elearning”. Begitu jam mulai para peserta didik ini langsung login dengan username dan passwordnya masing-masing, masuk pada soal dan peserta didik langsung mengerjakannya. Soal sama dengan soal-soal mata pelajaran yang menggunakan media kertas lainnya yaitu setiap satu soal terdapat 5 pilihan jawaban (Multiple Choice). Akan tetapi kelebihan elearning disini semua soal dirandom (diacak) dan begitu juga jawabannya, jadi belum tentu no soal 1 antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya itu sama karena system random ini telah disiapkan 100 soal, dimana akan ditampilkan 40 soal yang dirandom dari 100 soal tersebut.

Ditampilkan “Down Timer” disetiap peserta didik agar peserta didik ini dapat mengontrol berapa lama harus mengerjakannya. Strategi untuk menjawab soal ini perserta didik haruslah membuka program apa yang sedang diujikan agar peserta didik langsung bisa mempraktikkannya untuk mendapat jawabannya. Dan jika praktik yang dikerjakan benar maka 1 point benarlah yang akan dia dapatkan juga. Setelah semua soal dikerjakan maka tombol Submitlah yang terakhir ditekan dan saat itu juga nilai langsung muncul, tanpa menunggu waktu yang lama, tanpa menunggu waktu sang guru mengoreksi untuk memperoleh informasi nilai tersebut.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here