Duet Maut Moh. Rizki dan M. Riki

1
616

 

Minggu, 9 Oktober 2011 pukul 06.30 merupakan keberangkatan Pembina Bpk. Sidik Purnomo dan 3 tim dari SMA Negeri 1 Pare untuk mengikuti olimpiade fisika se-Jawa Bali tingkat SMA yang diadakan oleh Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang.  Jumlah tim yang berpartisipasi seluruhnya adalah 783 tim dan dari SMA Negeri 1 Pare mengirim 3 tim yaitu tim 1 dari kelas XII diwakili oleh Moh. Rizki Oktavian dan M. Riki serta tim 2 dan tim 3 dari kelas XI yang diwakili oleh  Imam Yulianto dan  Aditya, serta Yesika dan Leni.

Pukul 06.45 rombongan kami sudah sampai di rayon seleksi wilayah Kediri.  Di rayon Kediri ada 54 tim yang bertanding di babak penyisihan.  Tepat pukul 08.30 tes seleksi babak penyisihan dimulai, ada 40 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 90 menit. Tepat pukul 13.00 hasil tes seleksi di babak penyisihan diumumkan dengan hasil tim 1 dari SMA Negeri 1 Pare menduduki peringkat 1 dan berhak lolos ke babak seperempat final dan Universitas Negeri Malang yang akan dilaksanakan 2 minggu berikutnya.

Pada hari Jumat tanggal 21 Oktober 2011 pukul 04.00 WIB tim 1 Olimpiade Fisika  “Moh. Rizki Oktavian dan M. Riki berangkat ke Universitas Negeri Malang untuk bertanding di babak perempat final yang diikuti oleh 43 tim se Jawa-Bali.  Pada tahap ini tim harus mengerjakan soal 20 soal setara SPMB dan 5 uraian.  Pada babak perempat final tim dari SMANSA meraih peringkat 7  dan berhak maju ke babak final.

Pada babak semi final tim dari SMANSA dihadapkan pada dua sesi, yaitu sesi pertama soal esai (10 soal) dan Aptek (aplikasi teknologi).  Pada sesi aptek SMANSA mendapat giliran pertama untuk tampil. Dari hasil babak semi final ini tim fisika dari SMANSA  lolos 4 besar yang akan bertanding di babak final yang diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober 2011.

Pada babak final tim fisika SMANSA menghadapi 3 sesi yaitu sesi animasi, praktikum dan kuis.  Pada sesi animasi para peserta diharuskan melihat sebuah tayangan animasi dan peserta diminta menjelaskan konsep atau hukum yang berkaitan dengan tayangan animasi.  Pada sesi praktikum finalis diminta melakukan praktikum, pada  sesi ini tim SMANSA merasa kesulitan dan sesi ketiga dari babak final adalah cerdas cermat.

Pengumuman hasil final olimpiade fisika se Jawa-Bali di UM dilaksanakan pukul 18.30 dan tim fisika SMA Negeri 1 Pare meraih juara harapan 1 dan berhak memperoleh piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 750.000

1 COMMENT

LEAVE A REPLY