SocMed Untuk Info Penerimaan Peserta Didik Baru

13
1972

PPDB SMA 1 Pare memang sudah berakhir dan menyisakan beberapa koreksi, kritik membangun dan ide baru. Selama 4 hari PPDB berlangsung ada banyak cerita dan banyak studi kasus hadir untuk dipecahkan. Tak urung panitia harus bertindak cepat karena waktu pendaftaran singkat sedangkan pendaftar juga butuh kejelasan dan ketegasan.

Dari sekian banyak studi kasus yang hadir yang menarik perhatian saya adalah keterbukaan informasi antara SMA yang satu dengan yang lainnya berbeda. Di SMA 1 Pare, kami sudah melakukan ranking NUN (Nilai Ujian Nasional) diurut secara online, sehingga calon siswa dan orang tua bisa melihat posisinya dan bisa segera menentukan sikap, apakah bertahan ataukah berkasnya akan dicabut. Simpel, tidak repot dan memudahkan orang tua karena juga bisa dipantau dari rumah karena tersambung online dengan internet.

Teknologi sudah banyak berkembang dan sudah waktunya untuk dimanfaatkan untuk pendidikan untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Banyak orang tua yang senang dengan kehadiran layanan info online seperti ini, karena orang tua bisa mengetahui posisi ranking anaknya di peringkat dan bisa segera mencabut berkas anaknya jikalau posisinya sudah tidak memungkinkan diterima.

Sayangnya tidak semua SMA di Kabupaten Kediri memiliki teknologi dan SDM seperti di SMA kami. Dalam pikiran saya, bagaimana caranya agar orang tua siswa bisa mudah mengakses informasi NUN Terendah yang diterima di SMA di seluruh Kabupaten Kediri?

Lalu kemudian saya terpikir Twitter, socmed yang ringkas ini berpotensi untuk jadi media informasi. Twitter mengatasi masalah jaringan internet, server ataupun alasan teknis lainnya, karena dengan bermodal ponsel atau smartphone baik branded ataupun made in China kita tetap bisa tersambung dengan Twitter.

Format twit bisa seperti ini :

NUN Terendah @SMA1PareKediri  Tgl. 6-7-2012 pukul 08.00 WIB adalah 34,05 #PPDBKabKediri

Masing-masing sekolah membuat akun Twitter Official masing-masing dan menggunakan hastag #PPDBKabKediri. Rangkuman Twit seluruh SMA juga bisa diembed di website Kabupaten Kediri atau website Dinas Pendidikan.

Dengan ini orang tua siswa bisa mudah mengetahui NUN Terendah se-Kabupaten Kediri. Jadi orang tua tidak perlu datang jauh-jauh ke lokasi SMA, kalau hanya untuk tahu kalau anaknya tidak lagi bisa diterima disana karena NUN-nya dibawah PAGU.

Semoga ide sederhana ini bisa membantu kendala teknologi dan memberikan transparansi data kepada publik.
Maju terus ICT Indonesia!

13 COMMENTS

    • Di buka mulai tanggal 1 Juli 2015 melalui PPDB Online. Untuk alamat Pendaftaran PPDB Online akan kami update apabila sudah mendapatkan keputusan tetap dari Dinas Pendidikan. terima kasih

  1. Tulisannya sangat BERMANFAAT, terimakasin untuk informasi yang di berikan, sangat MEMBANTU. Semoga di berikan KESUKSESAN bagi sekolah nya setiap harinya dari yang maha kuasa.

  2. Integrasi IT dengan dunia pendidikan. Cara yang sangat jitu dan cerdas, dengan begitu baik murid maupun orang tua murid dapat dengan mudah mengakses nilai hasil belajar. Salam. Trimas kasih infonya

    • Menunggu kalender akademik tahun 2013/2014 dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur. Tunggu aja nanti akan diinformasikan lewat website…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here