Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah Tahun 2013

IMG_1943Sejak terbitnya Kepmendiknas Nomor : 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan/Komite Sekolah mulai tahun 2011 pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan Bantuan Sosial kepada Dewan Pendidikan/Komite Sekolah.  Pemberian Bantuan Sosial tersebut  dimaksudkan untuk memperkuat kelembagaan Dewan Pendidikan/Komite Sekolah sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor : 66 Tahun 2010 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dinyatakan bahwa masyarakat dapat berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan melalui berbagai komponen masyarakat.  Dalam menjalankan kegiatan, lembaga ini mempunyai beberapa sumber pendanaan yaitu :  Bantuan Sosial dari Pemerintah Pusat dan Daerah, masyarakat, Bantuan Sosial dari pihak asing yang tidak mengikat dan atau sumber lain yang sah.

Pada tahun anggaran 2013 Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan mengalokasikan Bantuan Sosial pemberdayaan Dewan Pendidikan/Komite Sekolah yang dikelola Bagian Keuangan Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah dengan nilai bantuan sosial Rp 40.000.000,- setiap komite sekolah.

Tujuan

Pemberian Bantuan sosial Pemberdayaan Komite Sekolah ini mempunyai beberapa tujuan sebagai berikut :

1.  Meningkatkan Kompetensi Pengurus Komite Sekolah untuk dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara optimal.

2. Memperkuat pemberdayaan stacholder di bidang pendidikan melalui fasilitas Komite Sekolah agar mampu menjadi jembatan yang mengakomodir kepentingan pemerintah (sekolah), masyarakat, dan praktisi pendidikan.

3. Memberikan penguatan terhadap kerjasama kemitraan yang lebih produktif antara komite sekolah/masyrakat (orang tua siswa) dengan sekolah.

4. Memfasilitasi Komite Sekolah untuk memaksimalkan peran dan fungsinya dalam membantu peningkatan akses dan mutu layanan satuan pendidikan di wilayah masing-masing.

Sasaran

Sasaran bantuan sosial pemberdayaan komite sekolah tahun 2013 ini adalah 175 komite sekolah menengah.

Ketentuan Penggunaan dana

Dana bantuan sosial pemberdayaan komite sekolah tahun 2013 dapat digunakan untuk :

1.  Biaya peningkatan kompetensi, peran dan fungsi dalam membantu peningkatan akses dan mutu layanan satuan pendidikan. (Biaya 60% = 24 Juta).

a. mengikuti pelatihan komputer, manajemen pengelolaan keuangan.

b.  workshop peran serta komite sekolah

2.  Pembelian peralatan penunjang (Biaya 35% = 14 juta ) meluputi :

a. laktop

b. printer

c. LCD projektor

d. mebelair untuk ruang kerja pengurus komite sekolah

3. Biaya administrasi, penyusunan dan pengiriman laporan pelaksanaan kegiataan.( Biaya 5% = 2 juta)

Jumlah bantuan seluruhnya Rp. 40.000.000

 

Tags: , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

107 Responses

  1. terima kasih atas informasi ini, saya mohon bantuan contoh proposal. nsaeneolaka@yahoo.co.id wakasek kesiswaan smk negeri 1 soe kab.TTS prov. NTT

  2. Pak Terima kasih atas Infonya …artikelnya sangat bagus.
    tolong kirimlan contoh proposalnya ke email saya "kronnika@ymail.com" kami sekolah berada di Kab. lamandau Kalimantan Tengah .terima kasih sebelumnya…kron

  3. pak mohon bantuan contoh proposal pemberdayaan komite sekolah ke alamat email saya
    luri.ramdhani05@gmail.com atau smk_bmickj@yahoo.co.id
    trimakasih

  4. Terima kasih infonya pak, boleh minta contoh proposalnya pak, kirim ke email saya san_siro21@yahoo.co.id. Kami dari SMA 4 Simeulue Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*