Boyong Piala LCC 4 Pilar 2013 di Tingkat Kab. Kediri

7
1399

LCC 4 PilarCerdas Cermat 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Kediri diikuti 15 SMA Negeri dan 12 SMA Swasta yang ada Di Kab. Kediri. Kegiatan ini digelar pada hari Rabu, tanggal 15 Mei 2013.

Masing-masing sekolah atau kelompok diikutit 5 orang ditambah dua guru pendamping, sehingga total peserta cerdas cermat itu sebanyak  135 orang.

Cerdas Cermat itu disebut 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara karena materi yang ditanyakan seputar pengetahuan empat pilar itu, yakni  pengetahuan siswa tentang Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan tentang Bhineka Tunggal Ika.

Latar belakang digelarnya cerdas cermat ini karena disadari bahwa masyarakat Indonesia sangat majemuk, yakni terdiri berbagai suku, bahasa, agama, dan kepercayaan sehingga Pancasila, UUD 1945, wawasan NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika harus dijadikan sebagai landasan kehidupan dalam membangun sinergi dan kesatuan bangsa.

Melalui kegiatan ini sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara serta Ketetapan MPR merupakan hal yang penting, karena saat ini masih banyak penyelenggara negara dan kelompok masyarakat yang belum memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Hal ini didasarkan  bahwa masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa UUD 1945 telah mengalami empat kali perubahan. Perubahan yang pertama pada 1999, kedua pada 2000, ketiga pada 2001, dan perubahan keempat pada 2002.

Dalam empat kali tahap perubahan itu, materi UUD 1945 telah mengalami perubahan sangat mendasar. Perubahan itu telah melahirkan konstitusi yang baru meskipun tetap dinamakan sebagai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dalam kegiatan ini Tim SMA Negeri 1 Pare  di bawah bimbingan Sriwanti, S.Pd dan Eni Sugiarti, S.Pd berhasil menjadi  juara pertama dalam lomba Cerdas Cermat 4 Pilar tingkat Kab. Kediri . Tim dari SMA Negeri 1 Pare menjadi  yang terbaik dan berhak mewakili Kab.  Kediri  untuk berlomba di ajang yang sama di tingkat Propinsi Jawa Timur pada bulan Juni 2013.

Nama anggota Tim LCC 4 Pilar 2013 Yang berhasil  menyabet piala Juara 1 Tingkat Kab. Kediri dan berhak bertanding di propinsi Jawa Timur adalah :

1. Miftakhul Huda Alamsyah Kelas XI IA-1

2. Moh. Abrin Pamungkas Kelas XI IA-3

3. Tri WInda Liana Kelas XI IA-4

4. Anggi Roby Yulianto Kelas XI IA-3

5. Aufa Rodliana Lailatul Hurroh Kelas XI IS-1

6. Nita Damayanti Kelas XI-IS-1

 

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY