Sosialisasi Gerakan Literasi Sekolah SMAN 1 Pare

0
1152

SMA Negeri 1 Pare dalam rangka melaksanakan Program Kerja SMA Rujukan pada tanggal 10 Agustus 2016 melaksanakan salah satu kegiatan Sosialisasi Gerakan literiasi Sekolah. Pada kegiatan ini SMA Negeri 1 Pare mendatangkan Narasumber dari Fakultas Ilmu Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Malang, Dr. Siti Cholisatul Hamidah, M.Pd. Pada kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, 80 Guru SMA negeri 1 Pare, dan 13 Guru perwakilan dari SMA Imbas di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Kediri.

Menurut Dr. Siti Cholisatul Hamidah Pengertian Literasi Sekolah dalam konteks GLS adalah kemampuan mengakses, memahmi, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis dan atau berbicara. Pada GLS ini tidak hanya menambah wawasan, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai upaya penumbuhan budi pekerti. Dengan membaca materi – materi yang berisikan nilai – nilai moral dalam konteks kebangsaan dan kenegaraan seperti yang terkandung dalam butir – butir Nawacita.

SMA Negeri 1 Pare menjadi pelopor gerakan literasi sekolah, di SMA Negeri 1 Pare kegiatan literasi dilakukan setiap hari 15 menit sebelum pelajaran di mulai. Peserta didik membaca buku dan menuliskan / merangkum catatan – catatan penting pada buku literasi. Peserta didik dapat membaca buku fisik maupun ribuan buku elektronik yang ada di SMAN 1 Pare. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran membaca pada Peserta Didik. Ayo Semangat Membaca!!

LEAVE A REPLY