Workshop Pengembangan Soal HOTS

0
1001

Dalam rangka melaksanakan salah satu program kerja SMA Rujukan Tahun Anggaran 2016 SMA Negeri 1 Pare pada tanggal 21 September 2016 melaksanakan kegiatan “Workshop Pengembangan Soal HOTS ( High Order thinking Skills) bertempat di SMA Negeri 1 Pare.

Pada kegiatan workshop ini diikuti oleh 80 Guru SMA Negeri 1 Pare dan perwakilan guru dari SMA imbas sebanyak 13 guru SMA Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Kediri. Workshop Pengembangan Soal HOTS bertujuan untuk melatih para guru agar mampu menyusun naskah soal HOTS yang nantinya bisa digunakan dalam melaksanakan penilaian hasil belajar baik pada kegiatan Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.

img_0176Dr. Suryo Widodo, M.Pd Narasumber yang diminta memberikan pelatihan pada kegiatan ini mengatakan soal HOTS tidak hanya masalah menghafal dan menyampaikan kembali informasi yang diketahui akan tetapi soal HOTS adalah soal yang membutuhkan Berfikir tingkat tinggi yang merupakan kemampuan menghubungkan , memanipulasi dan mentransformasi pengetahuan serta pengalaman yang sudah dimiliki untuk berfikir kritis dan kreatif dalam upaya menentukan keputusan dan memecahkan masalah. Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Nusantara PGRI Kediri yang menjadi narasumber pada kegiatan ini.

img_0166Guru-guru SMA Negeri 1 Pare pada sesi pelatihan ini juga mencoba berlatih membuat naskah soal masing-masing mata pelajaran dengan berbasis HOTS. Diharapkan pada akhir kegiatan ini guru SMA Negeri 1 Pare mampu membuat naskah soal HOTS dengan baik. Selamat bekerja dan mencoba. SMA Bisa Hebat Semua.

LEAVE A REPLY