Sosialisasi E-Rapor SMA Negeri Kab. Kediri

0
2242

Untuk mewujudkan pendataan yang menyeluruh maka Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menyusun sistem pendataan berbasis teknologi informasi yang diberi nama Sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 2016 yang di dalamnya termasuk data nilai siswa.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan mengamanatkan bahwa Penilaian oleh Pendidik melalui tahap perencanaan, penilaian, dan laporan hasil penilaian.  Oleh karena itu agar penilaian yang dilakukan oleh pendidik maupun satuan  pendidikan dapat terintegrasi dengan Dapodik serta mengacu pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016, maka Direktorat Pembinaan SMA telah mengupayakan aplikasi penilaian berbasis Kurikulum 2013 agar dapat membantu pendidik dalam melaksanakan penilaian otentik dalam pembelajaran serta data penilaian yang diperoleh dapat diintegrasikan dengan Dapodik.  Aplikasi yang telah disusun oleh Direktorat Pembinaan SMA tersebut diberi nama e-Rapor SMA Versi 2016.

Oleh karena itu dalam rangka mensosialisasikan e-Rapor SMA Versi 2016, SMA Negeri 1 Pare sebagai SMA Rujukan telah melaksanakan pengimbasan dan pembimbingan kepada 12 SMA Negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Kediri yang terdiri dari SMA Negeri  1 Plemahan, SMA Negeri 1 Purwoasri, SMA Negeri 1 Plosoklaten, SMA Negeri 1 Kandat, SMA Negeri 1 Ngadiluwih, SMA Negeri 1 Grogol, SMA Negeri 1 Mojo, SMA Negeri 1 Kandangan, SMA Negeri 1 Puncu, SMA Negeri 1 Gurah. dan SMA Negeri 1 Wates. Kegiatan pengimbasan dan pembimbingan e-Rapor 2016 dilaksanakan pada hari Senin tanggal 10 Oktober 2016 bertempat di laboratorium Fisika SMA Negeri 1 Pare.

Pada kegiatan ini Sidik Purnomo, S.Pd, M.Si selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Akademik SMA Negeri 1 Pare menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada admin e-Rapor SMA Negeri Kab. Kediri tentang langkah instalasi aplikasi e-Rapor SMA, memberikan pemahaman tentang aplikasi e-Rapor SMA, memberikan pehaman tentang mekanisme penggunaan aplikasi e-Rapor SMA, dan memberikan pembimbingan agar para admin e-Rapor terampil dalam menerapkan aplikasi e-Rapor SMA.  Selain itu pada kegiatan ini juga disampaikan informasi tentang Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan oleh Sidik Purnomo yang juga menjadi Koordinator Tim TIK SMA Negeri 1 Pare.

img_0479Selanjutnya pada kegiatan berikutnya para admin diajak melaksanakan praktek instal aplikasi e-Rapor SMA Tahun 2016 yang dipandu oleh Admin e-Rapor SMA Negeri 1 Pare, Setiawan Budi Santoso. Kegiatan ini diakhiri dengan tanya jawab seputar kelebihan dan kekurangan e-Rapor SMA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here