Workshop E-Rapor Versi Dit.PSMA

0
1843

Menindaklanjuti  salah satu Program SMA Rujukan tahun 2016, SMA Negeri 1 Pare pada hari Selasa tanggal 18 Oktober 2016 telah melaksanakan kegiatan Workshop E-Rapor Versi Direktorat Pembinaan SMA.  Kegiatan ini merupakan program wajib yang harus dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Pare berkaitan dengan SMA Rujukan tahun 2016. Pada kegiatan ini diikuti oleh seluruh Guru SMA Negeri 1 Pare berjumlah lebih kurang 65 guru.

img_0508

Aplikasi e-rapor adalah perangkat lunak berbasis web untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik oleh tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan oleh Subdit Kurikulum SMA.  Aplikasi e-rapor merupakan aplikasi untuk pengolahan nilai pengetahuan, nilai keterampilan, nilai sikap yang telah dilakukan oleh pendidik sehingga terbentuk nilai akhir beserta deskripsinya secara otomatisasi sesuai dengan perolehan siswa pada setiap kompetensi dasar yang dinilai, setelah wali kelas meninput nilai ekstrakurikuler, absensi siswa, prestasi, deskripsi sikap, serta catatan wali kelas maka e-rapor akan menyusunnya menjadi laporan capaian kompetensi siswa. Demikian penjelasan Sidik Purnomo, S.Pd, M.Si yang menjadi narasumber pada kegiatan Workshop e-raport tahun 2016 di SMA Negeri 1 Pare.

Pada sesi kedua dari kegiatan workshop ini peserta dipandu melaksanakan praktek mengisi e-rapor sesuai dengan mata pelajaran masing-masing . Pada sesi kedua ini dipandu oleh Setyawan Budi Santoso yang juga sebagai admin e-rapor SMA Negeri 1 Pare. Seluruh guru mata pelajaran dipandu untuk melaksanakan kegiatan rencana penilaian pengetahuan, input nilai pengetahuan, rencana penilaian keterampilan, input nilai keterampilan, input nilai keterampilan, input nilai sikap spiritual, input nilai sikap sosial dan input deskripsi siswa. Selain menu Guru pada kegiatan ini juga dipandu untuk mengisi menu wali kelas yang meliputi input kehadiran siswa, ekstrakurikuler, deskripsi siswa, prestasi dan catatan wali kelas. Kegiatan workshop e rapor ini diakhir dengan kegiatan tanya jawab tentang kesulitan-kesulitan pada saat input data pada aplikasi e-rapor.

 

 

LEAVE A REPLY