Bimtek E-rapor tahap II

1
621

Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Republik  Indonesia  Nomor  23 Tahun  2016  Tentang  Standar  Penilaian  Pendidikan  mengamanatkan  bahwa Penilaian oleh Pendidik melalui tahap perencanaan, penilaian, dan  laporan  hasil penilaian.  Pada  Bab  IV  Pasal  9  ayat  1.f  menyatakan  bahwa  “hasil  penilaian pencapaian  pengetahuan  dan  keterampilan  peserta  didik  disampaikan  dalam bentuk angka dan/atau deskripsi”. Oleh karena itu agar penilaian yang dilakukan oleh  pendidik  maupun  satuan  pendidikan  dapat  terintegrasi  dengan  Dapodik serta mengacu pada Permendikbud  No.  23 Tahun 2016, maka Subdit  Kurikulum SMA  perlu  segera  mengupayakan  suatu  aplikasi  penilaian  berbasis  Kurikulum 2013  agar  dapat  membantu  pendidik  dalam  melaksanakan  penilaian  otentik dalam  pembelajaran  serta  data  penilaian  yang  diperoleh  dapat  diintegrasikan dengan  Dapodik.  Aplikasi  yang  disusun  oleh  Subdit  Kurikulum  Direktorat Pembinaan SMA tersebut diberi nama e-rapor SMA.

whatsapp-image-2016-11-16-at-10-42-15Dari dasar itu kemarin tepatnya tanggal 14-16 November 2016 Subdit  Kurikulum  Direktorat Pembinaan SMA menyelenggarakan Bimbingan Teknis mengenai aplikasi E-rapor Direktorat di Hotel Cosmo Amaroossa, Jakarta Selatan. Yang langsung di bimbing oleh pengembang E-rapor Bapak Suyudi Suhartono S.Pd cs. Disana Beliau mempresentasikan beberap materi tentang erapor.

Diantaranya materi tentang instalasi aplikasi erapor, penggunaan aplikasi erapor dan troubleshoting erapor. Instalasi erapor sebenarnya mudah tetapi perlu diketahui beberapa trik yang nantinya meminimalisir kesalahan saat instalasi. Selain itu penggunaan aplikasi erapor sudah user friendly maksudnya mudah digunakan. hanya dengan melihat – lihat menunya kita sudah bisa menggunakan erapor direktorat.

whatsapp-image-2016-11-16-at-11-19-25Selain materi tentang instalasi dan penggunaan dibeberkan beberapa solusi jika ada kendala saat instalasi maupun salah dalam penggunaan erapor direktorat, misalkan seperti kelas tidak muncul saat melakukan perencanaan, edit data lewat pgadmin III, trik supaya erapor bisa di akses oleh banyak orang. Semua trik di atas dijelaskan dengan gamblang oleh bapak Suyudi Suhartono S.Pd dan bapak Langgeng Hadi P., S.T.

Bimtek erapor tahap II ini di hadiri oleh 150 sekolah rujukan se Indonesia dan salah satunya adalah SMA NEGERI 1 PARE. Dari kegiatan bimtek erapor tahap II ini di dapat versi baru erapor yakni versi 16 November 2016. Dimana ada beberapa update aplikasi yaitu di tambahnya user privilege Bimbingan Konseling, cetak rapor word dan deskripsi otomatis. Untuk lebih memahami erapor bisa di download disini.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here