Sukses Simulasi-1 UNBK 2017

1
1001

Simulasi-1 Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Pare yang dilaksanakan pada hari selasa (22/11) sempat mengalami penundaan pelaksanaan yang sebelumnya dijadwalkan pada pukul 08.00 WIB baru bisa dimulai pada pukul 11.00 WIB dikarenakan penundaan jadwal sinkronasi server yang semula dijadwalkan oleh pusat (PUSPENDIK) pada hari Minggu pukul 20.00 WIB tetapi faktanya di tunda sampai hari senin pukul 07.00 WIB sehingga jadwal kegiatan simulasi-1 di SMAN 1 Pare maupun ditempat lain tidak sesuai dengan jadwal yang di rencanakan.

img20161122134937Proses sinkronisasi server memakan waktu yang cukup lama, membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit sampai dengan 2 jam untuk tiap server yang malakukan proses sinkron. Sinkronasi sendiri adalah proses pengambilan data-data baik data identitas sekolah, identitas peserta didik / user, data paket soal dan komponen – komponen lain pendukung aplikasi UNBK.

Server UNBK SMAN 1 Pare berjumlah 6 unit, 5 diantaranya adalah server utama untuk setiap ruang, sisanya adalah server cadangan, dari 6 server yang disiapkan semuanya bisa melaksanakan sinkronasi dengan sukses.

Meskipun tidak wajib, pelaksanaan simulasi-1 ini di dukung penuh oleh banyak pihak, baik dari Dinas Pendidikan Prov. Jawa Timur, Dinas Pendidikan Kab. Kediri, dan support penuh dari intern termasuk siswa-siswi yang sukarela bersedia meminjamkan laptopnya untuk kelangsungan kegiatan simulasi-1 ini. Hari pertama simulasi-1 memang belum berjalan lancar sesuai yang di harapkan, masih ada beberapa hal yang menjadi hambatan, diantaranya adalah kurangnya jumlah komputer client dikarenakan siswa/i ada yang tidak membawa laptop, selain itu dari sisi aplikasi masih ditemukan “bug” atau masalah seperti tidak dapat rilis token dan aplikasi client sering error, akan tetapi hal tersebut tidak mematahkan semangat siswa/i, proktor dan teknisi untuk melaksanakan simulasi-1 2017 ini.

img20161123123855

Simulasi hari pertama yang seharusnya dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB harus tertunda sampai pukul 11.00, dan berakhir pada pukul 16.30 WIB.

Pada hari kedua, selasa (23/11) jadwal simulasi adalah mata pelajaran bahasa inggris, dari evaluasi kegiatan sebelumnya pelaksanaan hari kedua berjalan lebih lancar, siswa/i banyak yang membawa peralatan sendiri seperti headset untuk listening dan sebagian membawa laptop sendiri untuk mendukung kegiatan ini. Mereka terlihat mengerjakan dengan serius dan teliti, saat tim mencoba berkomunikasi dengan siswa, mereka mengaku senang jika kegiatan simulasi berbasis komputer seperti ini sering di adakan. “Kalau bisa sering ada tryout seperti ini Pak, agar kami tidak canggung waktu hari H (UNBK, red) ” tutur salah seorang siswa.

Semoga UNBK 2017 berjalan dengan baik dan lancar dan nilai integritas sekolah menjadi lebih baik lagi, SMA Maju Bersama – Hebat Semua. SMA Sukses! Spirit for Brighter Future

1 COMMENT

  1. Sayangnya soal simulasi tidak bisa di download. Jadi siswa tidak bisa mengulangi lagi pengerjaan soal yang telah dikerjakan. Tidak seperti waktu masih berbasis kertas, soal TO bisa dibawa pulang untuk latihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here