Kemah Blok Ambalan Sanjaya Dewi Sartika

0
306

Jelang liburan, pramuka ambalan “Sanjaya Dewi Sartika” Pangkalan SMA Negeri 1 Pare melibatkan peserta didik kelas 12 untuk melaksanakan agenda kegiatan kepramukaan yaitu kemah blok yang di mulai pada hari Rabu (14/12) dan diakhiri pada hari Jumat (16/12) siang.

Bumi Perkemahan terletak tidak jauh dari Pangkalan SMA Negeri 1 Pare, yaitu di halaman Masjid Agung An-Nur Pare kediri. Perkemahan ini dibagi menjadi kelompok putra dan kelompok putri yang masing-masing terdiri dari lebih dari 20 kelompok.

Pada hari Rabu pagi peserta mulai mendirikan tenda dan atributnya, semua peserta sangat antusias dan kompak.

dsc_0042-2 dsc_0010

Pada pukul 16.00 WIB kegiatan di mulai dengan upacara pembukaan yang di hadiri oleh kakak – kakak pembina dan kamabigus dari SMA Negeri 1 Pare dan Pembina upacara dari Kwarcab Kabupaten Kediri yaitu Kakak Nur Yahya.

Walaupun sempat disambut oleh hujan deras, alhamdulillah pada waktu upacara pembukaan berlangsung kondisi cuaca ikut mendukung. Dalam Upacara, Kak Nur Yahya mengapresiasi positif kegiatan semacam ini dan memberikan pesan kepada para peserta agar menjadi pribadi yang mandiri dan terampil, menjauhi narkotika dan gaya hidup masa kini yang mengedepankan kemewahan (glamour).

dsc_0037-2Upacara selesai sekitar Pukul 17.00 WIB dan dilanjutkan dengan Ishoma. Pada Pukul 19.00 tepatnya setelah sholat Isya’ kegiatan dilanjutkan dengan acara pentas seni, suasana sangat
meriah hingga dinginnya malam pun tak terasa, tepat pukul 22.00 WIB peserta perkemahan dipersilahkan untuk kembali ke tenda masing-masing untuk beristirahat.

dsc_0200

Tiba saatnya hari ke dua, setelah peserta melaksanakan Sholat Shubuh, dilanjutkan dengan kegiatan apel pagi dan dilanjutkan dengan masak mandiri. Peserta didik mengambil bahan makanan mentah di distributor / logistik dari kakak panitia selanjutnya mereka memasak bersama kelompok masing-masing.

Usai memasak, bersih diri dan sarapan, peserta dikumpulkan untuk melakukan kegiatan selanjutnya yaitu jelajah.

dsc_0075

Kegiatan jelajah dilaksanakan tidak jauh dari bumi perkemahan,  setelah itu peserta kembali ke bumi perkemahan dilanjutkan dengan istirahat dan sholat, di sambung dengan kegiatan lomba foto selfie dan foto candid, wah.. seru ya? 

Tiba saatnya api unggun pada malam kedua, pentas seni yang diadakan kali ini pun lebih meriah dari hari pertama, cuaca sangat mendukung dan banyak sekali tamu undangan yang datang untuk ikut menyaksikan. Setelah acara pentas seni, dilanjutkan dengan renungan suci, setelah itu peserta didik kembali ke tenda untuk beristirahat.

Hari terakhir terasa berat meninggalkan bumi perkemahan, apalagi merobohkan tenda yang didirikan bersama-sama, tapi semua harus kembali bersih pada hari ini.

dsc_0047

Sebelum merobohkan tenda untuk pulang, peserta melaksanakan apel pagi, masak dan bersih – bersih di area bumi perkemahan. Selanjutnya tiba waktu saat upacara penutupan, diakhiri dengan pengumuman – pengumuman lomba yang diadakan pada hari sebelumnya. Setelah peserta dibubarkan dari barisan, mereka merobohkan tenda masing-masing dan kembali ke rumah sekitar pukul 10.00 WIB.

Pastinya banyak kesan yang didapatkan oleh para peserta setelah melaksanakan kemah blok ini, harapan kami sebagai panitia semoga acara kemah blok selanjutnya bisa diadakan dengan lebih baik dan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here