Home Prestasi Juara 3 Lomba Pustakawan Tingkat SMA/SMK Provinsi Jawa Timur 2019

Juara 3 Lomba Pustakawan Tingkat SMA/SMK Provinsi Jawa Timur 2019

0
11

Salah satu lomba di bulan ini yang diikuti oleh SMA Negeri 1 Pare adalah “Seleksi guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedukasi”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan di Hotel Utami, Sidoarjo pada tanggal 1-3 Juli 2019. Kali ini Kabupaten Kediri menunjuk Bu Suminarti, salah satu pustakawan SMA Negeri 1 Pare. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada tenaga kependidikan yang berprestasi dan berdedikasi. Untuk pustakawan sendiri mengusung tema Meningkatkan minat baca siswa. Syarat untuk mengikuti lomba ini adalah minimal D2 Perpustakaan, Juara 1 tingkat Kabupaten/kota, mengabdi di perpustakaan minimal 2 tahun, pernah menjadi narasumber suatu acara dan mengikuti suatu ikatan pustakawan.

Lomba pustakawan tingkat SMA/SMK Provinsi Jawa Timur ini memiliki 4 aspek untuk dinilai, yaitu Portofolio, Based Practice, tes tulis, presentasi. Pada hari pertama dilaksanakan tes online tentang kepustakawanan yang dilaksanakan di pagi hari. Kemudian siang harinya dilaksanakan tes psikologi. Pada hari kedua, dilaksanakan presentasi. Presentasi ini membahas tentang portofolio yang berisi inovasi untuk meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan. Dalam kesempatan ini, Bu Suminarti mengusung portofolio yang membahas tentang salah satu inovasi dalam fungsi perpustakaan sebagai fungsi rekreasi. Inovasi Bu Suminarti adalah meningkatkan minat baca siswa dengan cara memperbanyak buku favorit siswa SMA Negeri 1 Pare di perpustakaan. Setelah presentasi, dilanjutkan dengan pengumuman pada malam hari. Pada kesempatan kali ini, Bu Suminarti mendapatkan juara 3 dari seluruh peserta di 16 instansi di Jawa Timur.

“Pustakawan bukan hanya seseorang yang duduk di balik meja, memberi stampel dan melayani setiap pengunjung. Tetapi juga tentang apa yang sudah dilakukan oleh pustakawan tersebut untuk memajukan perpustakaan.” – Suminarti, 2019.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here