- Latar Belakang
Implementasi Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional membawa implikasi terhadap system penilaian, termasuk model dan teknik penilaian yang dilaksanakan di kelas.
Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan merupakan penilaian internal, sedangkan penilaian yang diselelenggarakan oleh pemerintah merupakan penilaian eksternal.
Penilaian internal adalah penilaian yang direncanakan dan dilakukan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung dalam rangka penjaminan mutu. Penilaian eksternal merupakan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah sebagai pengenali mutu.
Penilaian kelas merupakan penilaian internal terhadap proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh guru di kelas atas nama sekolah untuk menilai kompetensi peserta didik pada tingkat tertentu pada saat dan akhir pembelajaran.
Rencana Kerja penilaian hasil belajar semester 1 merupakan penjabaran dari Program Kerja Sekolah yang berkaitan dengan kegiatan penilaian hasil Belajar peserta didik pada tahun pelajaran 2012/2013. Hasil yang telah diperoleh melalui perencanaan kerja ini dapat dipakai sebagai acuan oleh sekolah dalam menentukan langkah dan kebijakan yang akan datang.
Kesenjangan yang terjadi antara perencanaan dan keluaran/hasil, melalui Rencana Kerja yang mantap akan lebih jelas diketahui sehingga segera dapat ditentukan langkah-langkah berikutnya sebagai tindak lanjut dalam upaya peningkatan ataupun perbaikan.
Oleh sebab itu dengan tersusunnya Rencana Kerja ini sangat diharapkan setiap komponen kegiatan dalam kegiatan Evaluasi ini akan terlaksana sesuai dengan target dan tujuan yang ingin dicapai.
- Dasar Pelaksanaan
Sebagai dasar pelaksanaan penilaian semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 adalah :
2.1 Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
2.2 Permendiknas no. 20 tahun 2007 tentang standar penilaian
2.3 Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur 188.4/2214/103.02/2012, tanggal 9 April 2012 tentang Hari Sekolah dan Hari Libur bagi Satuan Pendidikan di Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2012/3013
2.4 Rencana Kegiatan Sekolah tahun pelajaran 2012/2013
- Tujuan
Rencana Kerja penilaian hasil belajar semester 1 ini disusun dengan tujuan :
3.1. Setiap tahapan kegiatan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
3.2. Adanya acuan kerja yang lebih terarah.
3.3. Adanya mekanisme dan koordinasi kerja yang sebaik-baiknya.
3.4. Upaya peningkatan mutu kerja dan pendayagunaan sumber daya yang telah ada.
I. PELAKSANAAN ULANGAN TENGAH SEMESTER 1
A. Rincian kegiatan
Dalam tahap persiapan ulangan tengah semester meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
NO |
JENIS KEGIATAN |
SEMESTER |
TENGAH SEMESTER I |
||
1.
2.
3. |
Tahap Pesiapan I
1.1. Pertemuan Kepala Sekolah/Dewan Guru 1.2. Pengecekan Ulang Peserta 1.3. Penyerahan Naskah Soal paling lambat Tahap Persiapan II 2.1. Penggandaan perlengkapan perangkat tes/administrasi 2.2. Penggandaan dan pengepakan soal Tahap Pelaksanaan 2.1 Ulangan Tengah semester 1 2.2 Koreksi lembar jawab selambat-lambatnya 2.3 Entry DKN ke PAS Tahap Akhir / Pelaporan 3.1 Rapat wali kelas dan BK 3.2 Cetak raport sisipan 3.3 Penyerahan LHBPD tengah semester 1 |
24 September 2012 25 September 2012 29 September 2012
1 – 2 Oktober 2012
3 – 11 Oktober 2012
15-22 Oktober 2012 23 Oktober 2012 24 Oktober 2012
24 Oktober 2012 25 Oktober 2012 27 Oktober 2012 |
B. Materi Ulangan Tengah Semester
Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan beberapa KD pada tengah semester 1. Hasil penilaian yang dilakukan oleh pendidik ini dimasukkan ke dalam daftar kumpulan nilai masing- masing mata pelajaran yang berbasis TIK untuk selanjutnya akan diproses/diolah dengan nilai ulangan harian.
B. Bentuk Soal dan Alokasi Waktu
Bentuk soal ulangan tengah semester 1 adalah pilihan ganda dengan menggunakan 5 option ( 5 pilihan )
Alokasi Waktu untuk mengerjakan naskah soal ulangan tengah semester 1 antara 60 s.d 90 menit.
II. PELAKSANAAN ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
A. Tahap Persiapan
Dalam tahap persiapan ulangan akhir semester 1 meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
NO |
JENIS KEGIATAN |
SEMESTER |
SEMESTER I |
||
1
2 |
Tahap Pesiapan I
1.4. Pertemuan Kepala Sekolah/Dewan Guru
1.5. Pengecekan Ulang Peserta
1.6. Penyerahan Naskah Soal paling lambat
1.7. Persiapan administrasi Perlengkapan Tes, meliputi : 1.7.1. Penetapan nomor peserta dan ruang pelaksanaan 1.7.2. Penetapan Lokasi/Denah pelaksanaan 1.7.3. Tata Tertib 1.7.4. Daftar hadir peserta dan pengawas ruang 1.7.5. Bukti serah terima Dokumen evaluasi 1.7.6. Penyusunan Jadwal : – Pelaksanaan – Pengawasan
Tahap Persiapan II 2.3. Penetapan Korektor
2.4. Penggandaan perlengkapan perangkat tes/administrasi
2.5. Penggandaan soal
2.6. Pengepakan soal
|
12 Nopember 2012
13-14 Nopember 2012
17 Nopember 2012
19 Nopember 2012
19 Nopember 2012
20 – 21 Nopember 2012
22- 29 Nopember 2012
30 Desember 2012 |
B. TAHAP PELAKSANAAN ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
- Rincian Pelaksanaan Tugas
Agar mekanisme dan koordinasi antar bagian/satuan kerja dapat berjalan maka diadakan pembagian dan rincian tugas panitia sebagai berikut :
1.1. Ketua :
1.1.1. Menyusun perencanaan kegiatan dan menetapkan anggaran pendapatan dan belanja.
1.1.2. Menetapkan dan mengatur mekanisme kegiatan.
1.1.3. Menyusun dan melaksanakan evaluasi kegiatan.
1.1.4. Memonitor pelaksanaan kegiatan.
1.1.5. Melaporkan hasil pelaksanaan tes.
1.2. Sekretaris :
1.2.1. Menyusun/menetapkan tata administrasi
1.2.2. Menghimpun hasil kegiatan dan mendistribusikan kepada yang bersangkutan.
1.2.3. Menyiapkan format dokumen hasil kegiatan.
1.2.4. Menata arsip dan dokumen hasil kegiatan.
1.2.5. Menyusun laporan hasil pelaksanaan.
1.3. Bendahara :
1.3.1. Menyusun tata administrasi keuangan.
1.3.2. Menata arsip/dokumen pendukung adminstrasi keuangan.
1.3.3. Mengelola dana kegiatan.
1.3.4. Menyusun laporan pertanggungjawaban bidang keuangan.
1.4. Anggota
1.4.1. Membantu Ketua Pelaksana dalam melaksanakan tugasnya.
1.4.2. Melaksanakan verifikasi terhadap :
– Kebenaran penerapan rumus penentuan nilai akhir
– Kebenaran dalam mentransfer nilai kedalam DKN.
1..5. Seksi Perlengkapan :
1.5.1. Menyiapkan pembagian ruang pelaksanaan kegiatan.
1.5.2. Menentukan distribusi peserta.
1.5.3. Menyiapkan penomoran peserta beserta kelengkapannya
1.6. Seksi Pengawasan :
1.6.1 Menentukan pengawas ruang
. 1.6.2. Menentukan jadwal kepengawasan.
1.6.3. Mendistribusikan jadwal kepengawasan.
1.6.4. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kepengawasan.
1.7. Seksi Naskah (Penggandaan dan Distribusi )
1.7.1. Menerima naskah soal dari Kepala sekolah.
1.7.2. Menggandakan soal beserta kelengapannya.
1.7.3. menata dan mengemas soal sesuai ruang pelaksanaan.
1.7.4. Mendistribusikan naskah pada saat pelaksanaan.
1.7.5. Menerima lembar pekerjaan siswa dari pengawas ruang.
1.7.6. menyerahkan lembar pekerjaan siswa kepada guru yang bersangkutan/seksi koreksi.
1.8.Seksi Koreksi :
1.8.1. Menentukan jadwal koreksi
1.8.2. Menetapkan para korektor
1.8.3. menyiapkan kelengkapan pemeriksaan / koreksi
1.8.4. Menentukan sistem pengkodean lembar pekerjaan siswa.
1.8.5. Mengatur mekanisme pelaksanaan koreksi
1.8.6. Menerima hasil pemeriksaan dari para korektor disertai bukti serah terima.
1.8.7. Menyerahkan hasil pemeriksaan kepada ketua pelaksana.
- Pelaksanaan
2.1 Pelaksanaan ulangan akhir semester 1 bagi siswa kelas X,XI dan XII yang dilakukan oleh pendidik adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik diakhir semester.
Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester 1. Hasil penilaian yang dilakukan oleh pendidik ini dimasukkan ke dalam daftar kumpulan nilai masing- masing mata pelajaran yang berbasis TIK untuk selanjutnya akan diproses/diolah dengan nilai ulangan harian, dan tengah semester yang pada akhirnya diperoleh nilai raport.
Daftar mata pelajaran yang melaksanakan ulangan tengah semester 1 dan ulangan akhir semester 1 adalah sebagai berikut:
NO |
KELAS X |
KELAS XI |
KELAS XII |
01 02 03 04 05 06 07 08 09 10 11 12 13 14 15 16 17 18
|
P.Kewarganegaraan
Pend. Agama Bhs Indonesia Sejarah Penjaskesorkes Bhs. Inggris Matematika Fisika Kimia Biologi Ekonomi Seni Budaya Geografi Teknologi Informasi Sosiologi Bahasa Jepang Keterampilan Pendidikan Budi Pekerti |
P. Kewarganegaraan
Pend. Agama Bhs Indonesia Penjaskesorkes Bhs. Inggris Matematika Seni Budaya Sejarah Teknologi Informasi Bahasa Jepang Pendidikan Budi Pekerti Kewirausahaan Prog IPA : Fisika Kimia Biologi
Prog IPS: Ekonomi Geografi Sosiologi
|
P. Kewarganegaraan
Pend. Agama Bhs Indonesia Penjaskesorkes Bhs. Inggris Matematika Sejarah Seni Budaya Teknologi Informasi Bahasa Jepang Pendidikan Budi Pekerti Kewirausahaan Prog IPA : Fisika Kimia Biologi
Prog IPS: Ekonomi Geografi Sosiologi
|
2.2.4 Bentuk Soal
Bentuk soal ulangan akhir semester 1 adalah pilihan ganda dengan menggunakan 5 option ( 5 pilihan ) dan atau soal uraian dengan jumlah 5 sampai dengan 10 soal.
2.2.5 Waktu penyelesaian soal dan jadwal pelaksanaan
a. .Waktu Penyelesaian Soal :
– Waktu mengerjakan soal ulangan akhir semester berkisar antara 60 s.d 90 menit tergantung tingkat kesukaran soal masing-masing mata pelajaran.
b. Jadwal Kegiatan Ulangan akhir semester 1 :
Jadwal Kegiatan Ulangan akhir Semester I tahun pelajaran 2012/2013 meliputi beberapa kegiatan sebagai berikut :
NO |
JENIS KEGIATAN |
WAKTU PELAKSANAAN |
ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 |
||
1
2
3 |
Pelaksanaan tes utama
Koreksi hasil tes utama
Pelaksanaan tes susulan |
6 – 15 Desember 2012
7 – 17 Desember 2012
7 – 15 Desember 2012 |
C. TAHAP AKHIR
- Pelaksanaan Kegiatan pada tahap akhir ulangan akhir semester 1 dengan jadwal sebagai berikut :
NO |
JENIS KEGIATAN |
WAKTU PELAKSANAAN |
1
2 |
Tahap Akhir I
1.1 Pengolahan hasil penilaian ulangan harian, tengah semester 1, UAS 1 1.2 Entry data daftar kumpulan nilai ulangan harian dan tengah semester 1, UAS 1 |
Paling lambat 17 Desember 2012
Paling lambat 17 Desember 2012 |
- Pelaksanaan Kegiatan pada tahap akhir ulangan akhir semester 1 dengan jadwal sebagai berikut :
NO |
JENIS KEGIATAN |
WAKTU PELAKSANAAN |
1
2 |
Tahap Akhir I
2.1 Pengolahan nilai hasil ke komputer
2.2 Penyerahan nilai hasil pengolahan berbasis TIK ke sekolah :
Tahap Akhir II 2.1 Laporan hasil penilaian kepada orang tua
2.2 Laporan hasil penilaian ke Dinas |
Paling lambat 15 -12-2012
Paling lambat 17-12-2012
22-12-2012
31 -12-2012 |
Koreksi dan Penilaian
3.1 Koreksi
Koreksi hasil tes diadakan di sekolah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan yaitu H+1.
3.2 Penilaian Oleh Pendidik
Penilaian yang dilakukan pendidik kepada siswa kelas X, XI dan XII menggunakan acuan Permendiknas no. 22 tahun 2006 dan Permendiknas no 20 Tahun 2007.