Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP)

0
2053

img_0443Bertempat di SMA Negeri 1 Pare pada hari Rabu tanggal 5 Oktober 2016 dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Pada kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh Kepala Sekolah dan Wakasek Akademik SMA Negeri Kab. Kediri,  Operator Dapodikmen dari 13 SMA Negeri, 3 perwakilan SMA Swasta yang diwakili oleh SMA Dharma Wanita Pare, SMA Mardi Tresno Pare dan SMA PSM Plemahan, serta  5 SMP Negeri yang mewakili SMP Negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Kediri.

“Sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan penjaminan mutu
pendidikan di satuan pendidikan dasar dan menengah. Tujuan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah oleh satuan pendidikan di Indonesia berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan”, demikian penjelasan dari Nanang Sukarsono, S.Pd, M.Si yang pada kesempatan ini bertindah sebagai narasumber sekaligus Korwas Pendidikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Kediri.

Lebih lanjut Nanang Sukarsono, S.Pd, M.Si menyatakan bahwa Sistem Penjaminan Mutu yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdiri atas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI dilaksanakan oleh satuan pendidikan, sedangkan SPME dilaksanakan oleh institusi di luar satuan pendidikan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Standar Nasional Pendidikan, dan Badan Akreditasi  Sekolah/Madrasah. Adanya dukungan dan fasilitasi institusi-institusi tersebut dalam penerapan sistem penjaminan mutu eksternal sesuai tugas dan kewenangannya akan memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu sesuai
kebutuhan nyata di lapangan.

img_0453Para peserta sosialisasi selain mendapat penjelasan umum berkaitan dengan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan juga dipandu untuk melaksanakan instalasi aplikasi Sistem PMP Versi 1.4 yang dipandu oleh Sidik Purnomo, S.Pd, M.Si Wakasek Akademik SMA Negeri 1 Pare . Pada Kesempatan ini juga disampaikan penjelasan teknik sinkronisasi data dari Aplikasi PMP dengan aplikasi Dapodikmen, menambah pengguna, juga disampaikan cara melaksanakan verifikasi data dan kirim data. Pada akhir kegiatan ditutup dengan acara tanya jawab seputar trouble shooting aplikasi PMP.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here