Menyongsong  Hari Pramuka Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melalui Bidang PPSMA melaksanakan kegiatan Apel Akbar Pramuka dan Pelatihan Kepramukaan Se-Jawa Timur Tahun 2024 Selasa s.d. Jumat tanggal 6 s.d. 9 Agustus 2024 di Camping Ground Hotel Purnama Batu. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka implementasi Permendibudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang  Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah mewajibkan sekolah menyelenggarakan minimal satu ekstrakurikuler, Pramuka adalah ekstrakurikuler yang wajib disediakan satuan Pendidikan.  Apel Pramuka yang dihadiri pembina apel yaitu H. M. Arum Sabil, S.P., S. H. sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur, berikut berhasil mencetak tiga Rekor Muri. Smansa mengirimkan delegasi terbaiknya yang juga mewakili kontingen Kabupaten Kediri yaitu Bayu Satrio Utomo Kelas 11 P-03 IS untuk mengikuti kegiatan berikut. Dalam acara ini degasi Cabang Dinas Kediri yaitu sangga putra mendapat predikat sangga putra terbaik.

Apel Akbar dan Pelatihan Pramuka 2024 juga dilaksanakan oleh Cabang Dinas Kediri, yang bertempat di SMAN 7 Kediri. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 6-8 Agustus 2024 dengan agenda sebagai berikut: pendirian tenda, upacara pembukaan dan api unggun, senam pagi, apel pembukaan kemah akbar, jelajah kota, giat, dan ditutup dengan apel penutupan. SMAN 1 Pare mengirimkan 1 sangga yang terdiri 8 siswa putra dan 1 sangga yang terdiri 8 siswa putri. Agenda kegiatan pada Selasa pukul 19.00 diadakan pemecahan rekor muri, yaitu melakukan tembang Macapat secara serentak yang berpusat di Camping Ground Hotel Purnama Malang, yang diikuti juga secara online oleh peserta perkemahan Akbar seluruh Cabang Dinas Provinsi Jawa Timur. Setelah Kegiatan Apel Akbar dan Pelatihan Pramuka selesai, dilanjutkan Kemah Akbar Bakti Penggalang-Penegak Kwartir Ranting dari tanggal 13-14 Agustus 2024. Dalam kegiatan yang diikuti oleh 8 SMA/SMK/MA 8 SMP/MTS ini, SMAN 1 Pare mengirimkan 2 sangga terbaiknya. Dari kegiatan kemah akbar ini, SMAN 1 Pare mendapatkan Juara 1 Yelling Show, Juara 1 Pionering dan Juara 3 Inovasi kewirausahaan sehingga SMAN 1 Pare mendapat Juara Umum Terbaik.

“Serangakaian kegiatan pramuka ini diharapkan menjadi bekal siswa-siswi SMAN 1 Pare agar  kelak menjadi pemimpin yang baik untuk masa depan” ujar Kakak Tri Wijianta, S.Pd. selaku Pembina Gudep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here