Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2011

0
1224

 

 

Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Pasal 40 Ayat (2) menyatakan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya, mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan serta mampu menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif , dinamis dan dialogis. Mengingat fungsi kepala sekolah memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, maka sudah sepantasnya bagi kepala sekolah yang secara nyata berprestasi diberikan penghargaan yang layak.

Pemberian penghargaan bukanlah suatu hal yang sederhana, karena pemberian penghargaan tersebut dapat memiliki dampak yang luas, dan harus terkait dengan aspirasi, motivasi yang terbangun di kalangan kepala sekolah itu sendiri. Hal ini diharapkan menjadi bagian dari perbaikan mutu manajemen pendidikan Nasional yang berlandaskan pada sikap produktif dan proaktif.

Sistem penghargaan dalam bentuk ”Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi” yang diseleksi secara ketat, transparan dan terukur diharapkan akan memberi rasa kebanggaan yang dapat memotivasi para kepala sekolah untuk menciptakan suasana sekolah yang sehat. Suasana sekolah yang mampu dan dapat meningkatkan kreativitas guru di dalam menyampaikan proses pembelajaran serta memotivasi dan mendorong
siswa untuk berprestasi di berbagai bidang, termasuk dalam pengembangan diri bagi pendidik dan tenaga kependidikan maupun lembaganya .

Diharapkan melalui Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi, kualitas pendidikan dan pengelolaan sekolah akan lebih baik dan profesional, yang pada akhirnya mampu menjawab tantangan era global yang berbasis keunggulan, dan dapat mewujudkan pemeberian layanan pendidikan yang berkualitas.

 

Selanjutnya pedoman pemilihan Kepala Sekolah berprestasi tahun 2011 selengkapanya dapat diunduh disini.pedoman__kepala_sekolah_berprestasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here