Selamat, kepada siswa-siswi yang telah dinyatakan diterima di SMA Negeri 1 Pare tercinta. Setelah mengikuti rangkaian kegiatan MPLS, siswa-siswi kelas 10 mengkuti kegiatan PETA (Penerimaan Tamu Ambalan) Sandika selama satu malam di SMA Negeri 1 Pare (19/07/2024).

Apel pembukaan dimulai pukul 13.30 WIB yang bertugas sebagai pembina upacara adalah Kakak Tajuddin Subekti, M.Si. selaku KAMABIGUS, dalam pidatonya, beliau berharap kelancaran dan kesuksesan semua rangkaian kegiatan PETA Sandika. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan materi kepramukaan dari Tim DKC Kabupaten Kediri.

Hari semakin gelap dan hawa dingin menyelimuti kegiatan ini, seluruh peserta melakukan salat magrib berjamaah dan kultum yang diimami oleh Kakak Drs. M. Hilal. Dilanjutkan dengan makan malam bersama menikmati nasi kotak, rasa kebersamaan dan suasana magrib setelah lantunan doa bersama membuat suasana makan menjadi rasa syukur yang terpancar dari wajah peserta.

Pukul 19.00 WIB, siswa bersiap memakai seragam Pramuka lengkap untuk mengikuti kegiatan selanjutnya, yaitu Extravganza. Penampilan dari teater TAS dan grup band SMA Negeri 1 Pare. Suasana malam mejadi semakin ramai dan ambyar ketika lantunan lagu-lagu terbaru dinyanyikan, sorot lampu hp menerangi GOR SMA Negeri 1 Pare.

Malam puncak inti kegiatan PETA Sandika dimulai, yaitu Upacara Adat. Upacara Adat adalah simbol diterimanya siswa-siswi SMA Negeri 1 Pare sebagai anggota Pramuka Alih golongan dari penggalang ke jenjang penegak. Pembina upacara adat malam itu adalah Kakak Tri Wijianta, S.Pd. selaku pembina gudep, kegiatan ini terasa sakral saat regu membunyikan Dasa Dharma Pramuka sambil estafet menyalakan obor dan diakhiri dengan pembakaran api unggun. Terakhir, ditutup dengan tarian Garuda pertanda malam semakin larut dan saat seluruh peserta merajut mimpi di gedung-gedung SMA Negeri 1 Pare.

Sabtu pagi, semua siswa bangun untuk beribadah, olahraga, jelajah, apel penutupan yang dibina oleh Kakak Tri Wijianta, S.Pd., pembagian sertifikat, dan sesi dokumentasi bersama kelompok masing-masing dan kakak pembina regu. Kemudian seluruh peserta berkemas dan pulang.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here