Pare Culture Heritage Carnival | Ruwatan Sudhamala yang Mempesona

0
314

19 Agustus 2023 adalah Agenda Penting Kecamatan Pare dalam melestarikan Budaya sekaligus memperingati HUT RI ke-78. Pada tanggal tersebut telah digelar acara yang sangat menakjubkan dan ditunggu oleh Masyarakat, yaitu Karnival Budaya yang diberi tema “Pare Culture Heritage Carnival” . Dalam Karnival tersebut SMAN 1 Pare menampilkan koreografi dengan tema memperhatikan budaya sekitar yaitu kearifan lokal cerita ruwatan di Candi tegowangi yang biasa disebut dengan Sudhamala.

Pada tanggal 3 september 2023 Karang Taruna dan Kecamatan Pare sebagai penyelenggara mengumumkan bahwa SMAN 1 Pare mendapat juara 1 Penampil terbaik dalam acara Karnival tersebut. Karnival yang dihadiri oleh Bupati Kediri H. Hanindhito Himawan Pramana, S.H itu dimulai dari Timur Masjid An-Nur dan berakhir pada Pertigaan Tamrin / Alun-alun Ringin Budho Pare.

Dalam karnival ini para siswa yang berpartisipasi tidak mengalami kesulitan yang berarti baik dalam segi koreografi maupun dalam pembuatan propertinya karena hal ini sejalan dengan program P5 di Sekolah yang ada pada Kurikulum Merdeka, jadi para siswa-siswi menjadi mudah dan terbiasa dalam pembuatan Properti, Koreografi Pementasan dan Seni Tarinya.

Sejalan dengan program pemerintah, Pengembangan Kearifan lokal yang diwariskan secara turun-temurun seperti ini perlu dikembangkan supaya tidak ada pergeseran nilai-nilai budaya yang dapat menimbulkan hal negatif pada generasi milenal. Cuplikan Video Penampilan dari SMAN 1 Pare bisa dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=czCa6b2efcg (Kredit Akun: @mbahson8356)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here