Seminar Sinkronasi PPDB Online Kab. Kediri 2017

0
1872

Dinas komunikasi dan informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kediri beserta tim Pengembang Aplikasi PPDB Online mengundang admin PPDB Sekolah se-Kabupaten Kediri pada hari Selasa 25 Oktober 2016 di Ruang Joyoboyo, Kantor Pemerintahan Kabupaten Kediri. Undangan yang dimaksud adalah dalam rangka seminar sinkronasi PPDB Realtime Online  yang akan diselenggarakan serentak di Kabupaten Kediri pada seleksi penerimaan peserta didik baru tahun ajaran  2017. Undangan SMAN 1 Pare di hadiri oleh Bapak Margo Ridho Leksono M.Kom yang bertugas sebagai admin PPDB pada tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil pertemuan di Ruang Joyoboyo itu didapatkan beberapa informasi penting diantaranya adalah:
Panitia sekolah ada petugas verifikator berkas, Sekolah tetap melayani pendaftaran mode offline, Juknis baru juga  sudah ada, jadi untuk pelaksanaan PPDB tahun 2017 tetap menggunakan sistem aplikasi seperti tahun sebelumnya.  Hal tersebut disampaikan oleh Bapak Darmadi – Ka.Bid. Pendidikan SMP/SMA/SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri.

Di lain hal, Bapak Samsul selaku Konsultan Developer CV. Adisatya menyampaikan bahwa telah disiapkan aplikasi PPDB versi offline, serta menggunakan arsitektur baru terkait hardware, rekayasa software, dan jaringannya, sehingga diprediksi pelaksanaan PPDB tahun 2017 akan jauh lebih lancar dan sukses.

Pada kesempatan yang sama, Bapak Samian dari Dewan Pendidikan menyampaikan bahwa
Tim dari Dewan Pendidikan tetap berperan terkait pelaksanaan PPDB, baik dalam fungsi kontrol, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan PPDB. Selain itu Tim dari Dewan Pendidikan bertugas untuk melihat, merasakan dan merespon PPDB yang sedang berlangsung. Sebelum hal tersebut dilaksanakan, Dewan Pendidikan akan mereview dan mengkaji juklak dan juknis PPDB, aturan dan regulasi PPDB tahun 2017.
“Mari kita laksanaan PPDB 2017 dengan profesional, objektif, jujur, adil, transparan, dan akuntabel.” ujar Bapak Samian.

Masih menurut Bapak Samian, jenis PPDB tahun 2017  dibedakan menjadi beberapa jalur seleksi yaitu tanpa seleksi, seleksi melalui usia / tempat tinggal, seleksi melalui tes tulis, seleksi melalui NUN, seleksi melalui NUN dan tes tertulis, seleksi Real Time Online.
Sesuai Pasal 83 (2) Satuan pendidikan dapat menetapkan tatacara dan persyaratan tambahan dengan syarat tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, contoh kasusnya adalah perpanjangan waktu buka pendaftaran PPDB.

Sebelum pelaksanaan kegiatan PPDB akan ada POS PPDB yang akan digunakan sebagai pegangan admin, operator dan panitia pelaksana PPDB. Sesuai dengan Pasal 36 (2) Regulasi terkait kejuaraan untuk PPDB di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan / atau olah raga tetap akan direkomendasi oleh Dewan Pendidikan.

Selanjutnya Bapak Misdianto dari PT. Telkom berjanji akan memberikan support penuh untuk kegiatan PPDB terkait bandwidth dan jaminan stabilitas koneksi agar PPDB 2017 di Kabupaten Kediri berjalan lancar.

Dilanjutkan oleh Bapak Imaduddin dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kab. Kediri menyampaikan akan memberikan support hardware Server sebanyak 8 unit beroperasi dan akan diberikan pengawasan selama 24 jam penuh selama kegiatan berlangsung. Bandwidth per server 10 mbps (bisa di sesuaikan sesuai kebutuhan dan fungsinya).

Dari seminar yang telah berlangsung hari ini dapat disimpulkan bahwa PPDB Real Time Online Procces 2017 akan tetap di lanjutkan. Demikian hasil seminar yang dapat kami laporkan dari ruang Joyoboyo Pemkab Kediri, kurang lebihnya mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga PPDB 2017 berjalan dengan sukses dan lancar. Aaamin

Margo Ridho Leksono.
SMAN 1 Pare.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here