Workshop Media Pembelajaran Berbasis TIK di SMAN 1 Pare

0
1505

Melengkapi rangkaian agenda SMA Rujukan, SMAN 1 Pare mengadakan workshop peningkatan mutu pendidikan dengan tema “Media Pembelajaran Berbasis TIK” yang dilaksanakan pada hari Minggu, 06 Nopember 2016 di Ruang Guru SMAN 1 Pare. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Bapak Heru Suseno, M.Pd dari SMA Negeri 2 Madiun.

Kegiatan di mulai pada pukul 08.00. Dalam kegiatan workshop, bapak ibu guru SMAN 1 Pare diberikan materi tentang animasi. Penggunaan animasi dalam pembelajaran diharapkan dapat menarik minat siswa untuk mendalami materi yang disampaikan sehingga peserta didik tidak akan merasa jenuh pada saat belajar.

Pada sesi praktikum dalam kegiatan workshop yang dihadiri oleh Bapak/Ibu guru SMAN 1 Pare, Bapak/Ibu guru diberi tugas untuk membuat materi pembelajaran menggunakan anismasi, dari sini  Bapak / Ibu guru sangat tertarik dan senang untuk membuat  media pembelajaran berbasis TIK semacam ini, seperti yang disampaikan oleh Bapak M. Hilal selaku wakil kepala sekolah bag. sarpras yang juga mengajar mata pelajaran pendidikan Agama di SMAN 1 Pare, beliau jadi tambah semangat setelah belajar membuat media pembelajaran berbasis TIK.

“Saya jadi lebih semangat untuk menyampaikan materi ke anak-anak, karena materi tersaji lebih menarik dan tidak monoton”, ujar Pak Hilal.

Di acara yang sama, Bapak Sidik Purnomo selaku wakasek akademik juga menyampaikan bahwa SMAN 1 Pare sudah menjadi sekolah rujukan dan sudah lama sekali mengimplementasikan adminstratif yang berbasis TIK, jadi untuk menambah pengetahuan baru dalam media pembelajaran berbasis TIK, sepertinya kegiatan workshop seperti ini menjadi tetap sasaran.

“SMANSA Pare sudah bertahun-tahun menggunakan komputerisasi dalam administratif sekolah baik dalam pengolahan nilai menggunakan erapor, perpustakaan digital, maupun pengolahan data lainnya di sekolah, dan aplikasi pembelajaran pun sudah menggunakan elearning. Workshop ini kita adakan untuk menambah keterampilan baru Bapak/Ibu guru agar tidak tertinggal oleh kemajuan TIK”,  cerita singkat Pak Sidik.

Pada pukul 14.00 Kegiatan workshop diakhiri dengan doa, dilanjutkan dengan coffe break dan makan siang.

Tim Panitia dan keluarga besar SMAN 1 Pare berharap semoga kegiatan peningkatan mutu guru seperti ini secara berkala diadakan agar SMANSA Pare tetap unggul menjadi sekolah berbasis TIK terbaik! Spirits for Brighter Future

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here