Sosialisasai Bahaya Narkoba dan Rokok

2
3994

Peran serta warga SMA Negeri 1 Pare dalam memerangi pemakaian narkoba dan rokok tepatnya selasa 23 Desember 2008 menyelenggarakan Sosialisasi Bahaya mengenai Narkoba dan Rokok. Peserta sosialisasi ini diikuti oleh semua siswa SMA Negeri 1 Pare, bukan hanya siswa tapi Bapak dan Ibu Guru di SMA Negeri 1 Pare juga sangat beratunsias ikut sosialisasi bahaya narkoba dan rokok ini.

Materi yang diberikan bukan hanya tentang bahaya narkoba dan rokok, tetapi juga bahaya seks bebas yang terkait dengan masalah HIV Aids. Narasumber yang memberikan materi tentang bahaya narkoba dan rokok antara lain :

Materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan Aspek Hukum yang terkait oleh Bapak AKP Suroso dari Polres Kediri

  1. Pengaruh Asap Rokok terhadap Kesehatan oleh Bapak Dedik Ilham dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri
  2. Rokok dan Kesehatan dalam perspektif hukum Islam dari Guru SMA Negeri 1 Pare yaitu Bapak Imam, S.Ag

Berikut Cuplikan materi yang terkait dengan sosialisasi tersebut:

BAHAYA MEROKOK

Banyak penelitian yang membuktikan kebiasaan merokok meningkatkan resiko timbulnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan penyakit ganggguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkitis, tekanan darah tinggi, impotensi, serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin. Pasien-pasien perokok juga beresiko tinggi mengalami komplikasi atau sukarnya penyembuhan luka setelah pembedaan termasuk bedah plastik dan rekontruksi, operasi plastik pembentukan payudara dan operasi yang menyangkut anggota tubuh, bagian bawah.

Pada kenyataannya kebiasaan merokok ini sulit dihilangkan dan jarang diakui orang sebagai suatu kebiasan buruk. Apalagi orang yang merokok untuk mengalihkan diri dari stres dan tekanan emosi, lebih sulit melepaskan diri dari kebiasaan ini dibandingkan perokok yang tidak memiliki latar belakang depresi.

PENGARUH ASAP ROKOK TERHADAP KESEHATAN

Slide 4 .O {font-size:149%;} <!–.sld {left:0px !important; width:6.0in !important; height:4.5in !important; font-size:103% !important;} –> Karena mengandung 4000 bahan kimia beracun, 43 penyebab kanker, PADAT: NIKOTIN (ZAT ADIKTIF), TAR(kumpulan partikel pdt penyebab kanker), GAS, CO (mengikat sel darah merah mengganti O2), Gas-gas berbahaya lain maka pengaruh asap rokok harus kita perhatikan.

ROKOK DAN KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Tujuan umum ditetapkannya hukum Islam adalah untuk kemaslahatan (kebaikan) manusia dengan terpenuhinya:

  • Kebutuhan Primer
  • Kebutuhan Sekunder
  • Kebutuhan Tersier

.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here